(E-SKRIPSI) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN SEMEN BATURAJA (Studi pada PT Semen Baturaja (Persero), Tbk
PT Semen Baturaja (Persero), Tbk sebagai salah satu perusahaan BUMN yang
bergerak di Industri semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan telah melakukan
berbagai usaha manajemen untuk meningkatkan kualitas produk dan kegiatan
promosi dalam hal pemasaran dan penjualan produk semen sehingga dapat
berpengaruh dalam keputusan konsumen untuk melakukan pembelian Semen
Baturaja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh kualitas
produk dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian Semen Baturaja.
Metode analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif menggunakan metode
tabulasi dan analisis kuantitaf menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa korelasi variabel kualitas produk terhadap
variabel keputusan pembelian termasuk kategori sedang, kemudian korelasi promosi
terhadap keputusan pembelian termasuk kategori tinggi dan pengaruh kualitas produk
dan promosi terhadap keputusan pembelian termasuk kategori tinggi. Uji hipotesis
membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian Semen Baturaja, promosi berpengaruh terhadap
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian Semen Baturaja dan kualitas
produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian Semen Baturaja.
Saran yang dapat diberikan hendaknya PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk dapat
memperluas pangsa pasarnya agar produknya lebih dikenal di seluruh Indonesia,
kemudian meningkatkan jangkauan promosinya yang selama ini hanya difokuskan
pada tingkat lokal seperti pada media cetak lokal dan televisi lokal dengan promosi
berskala nasional sehingga produknya dapat dikenal secara luas oleh masyarakat serta
PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk hendaknya lebih gencar dalam melakukan
kegiatan promosi serta berupaya meningkatkan kualitas produknya agar lebih
berkualitas dibandingkan produk semen pesaing.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.
Tidak tersedia versi lain