(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN CALON PESERTA PROGRAM BUKAN PENERIMA UPAH (Studi pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bandar Lampung)
Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran dalam
meningkatkan calon peserta untuk mengikuti program bukan penerima upah di
Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Bandar
Lampung. Rumusan masalah penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran
dalam meningkatkan calon peserta pada program bukan penerima upah di BPJS
Ketenagakerjaan Bandar Lampung.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Badan Penyelenggaraan Jaminan
Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Bandar Lampung dalam meningkatkan jumlah
calon peserta program bukan penerima upah. Penelitian ini dilakukan dengan
pedoman suatu teori Kotler yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari empat P (4P)
yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan Promotion (promosi)
serta analisis STP yaitu Segmenting (segementasi Pasar), Targeting (target Pasar),
Positioning (posisi Pasar).
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan untuk merangkum semua
situasi kondisi dan fenomena yang terjadi di sekitar masyarakat yang kemudian
menjadi suatu objek. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2017 sampai
bulan Agustus 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam
dengan kepala bidang pemasaran sebagai key informan serta karyawan yang
berada di bagian bidang pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung. Hasil yang didapat melalui penelitian ini adalah sebuah strategi
komunikasi pemasaran dalam meningkatkan calon peserta pada program BPU
dengan menggunakan strategi Analisis STP, strategi bauran pemasaran 4p dan
peningkatan pelayanan (customer relations)
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Promosi, Program Bukan Penerima Upah
Tidak tersedia versi lain