(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI PLN MOBILE (Studi Deskriptif pada PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung)
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi komunikasi dalam
mensosialisasikan produk layanan aplikasi PLN Mobile yang dilakukan oleh PT PLN
(Persero) Distribusi Lampung. Rumusan masalah penelitian ini adalah tentang
bagaimana strategi komunikasi PLN (Persero) Distribusi Lampung dalam
mensosialisasikan produk layanan aplikasi PLN Mobile.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengetahui bagaimana
strategi komunikasi pada produk layanan smartphone berbasis android/iOS yaitu
aplikasi PLN Mobile yang diluncurkan PT PLN (Persero) Distribusi Lampung dalam
memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen melalui layanan listrik. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penelitian tersebut
diidentifikasi strategi – strategi yang digunakan dalam produk layanan “PLN Mobile”
dalam mensosialisasikan aplikasi kepada masyarakat yang merupakan konsumen
sebagai pengguna jasa listrik.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi dalam
mensosialisasikan layanan aplikasi PLN Mobile merupakan pilihan yang tepat,
dimana strategi ini dapat mensosialisasikan produk layanan aplikasi PLN Mobile
kepada masyarakat. Strategi dalam mensosialisasikan aplikasi PLN Mobile dapat
dilihat dari para konsumen sebagai pengguna jasa listrik yang mengetahui dan
menggunakan layanan aplikasi PLN Mobile dalam mempermudah penggunaan listrik
untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan kembalinya kepercayaan
masyarakat atau konsumen kepada PT PLN (Persero) dalam memberikan pelayanan
listrik untuk kehidupan yang lebih baik.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Sosialisasi, Aplikasi PLN Mobile
Tidak tersedia versi lain