(E-SKRIPSI) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN DAN LAMA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Di Bandar Lampung)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi, persepsi biaya pendidikan dan lama pendidikan mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk).
Penelitian ini merupakan studi empiris yang dilakukan dengan objek penelitian yaitu mahasiswa jurusan akuntansi pada Perguruan Tinggi di Kota Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 94 mahasiswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linear berganda, uji F , uji R2, dan uji t dengan menggunakan alat bantu SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R2 diperoleh sebesar 0,692 yang artinya 69,2% minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk) dipengaruhi oleh motivasi, persepsi biaya pendidikan dan lama pendidikan. Sisanya sebanyak 30,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi, persepsi biaya pendidikan dan lama pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk).
Kata kunci: motivasi, persepsi biaya pendidikan, persepsi lama pendidikan, minat mengikuti PPAk.
Tidak tersedia versi lain