(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BISNIS UMKM UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Pada Usaha Aneka Keripik “Rona Jaya” Di Bandar Lampung)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing pada Usaha Aneka Keripik Rona Jaya di Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner pada pemilik usaha Aneka Keripik Rona Jaya dan dua usaha pesaing. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat) dan Analisis PLC (Product Life Cycle).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Usaha Aneka Keripik Rona Jaya belum tepat. Berdasarkan analisis matrik SWOT dan diagram cartesius SWOT dihasilkan strategi SO (Strenght-Opportunity) mempunyai skor nilai tertinggi yaitu 4,34 dan berada pada kuadran I (Growth Agresif)dan berdasarkan analisis PLC menunjukkan bahwa posisi Usaha Aneka Keripik Rona Jaya berada pada tahap kedewasaan (Maturity)
Kata Kunci : Strategi Bisnis, UMKM, SWOT, PLC dan Daya Saing
Tidak tersedia versi lain