(E-SKRIPSI) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
Dinas Kependudukan dan Penctatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah adalah merupakan
unsur pelaksanaan Pemerintahan Daerah Kabupaten Lampung Tengah dalam bidang
pendaftaran dan Pencatatan Kependudukan yang mempunyai tugas pokok yang
membantu kepala daerah dalam melaksakan sebagian urusan pemerintah dan
pembangunan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sesuai dengan ketetntuan
dan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini
adalah apakah Apakah kualitas pelayanan pembuatan E-KTP di Dinas Pendudukan dan
Pencataan Sipil Kabupaten Lampung Tengah berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat
Pada Dinas Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pembuatan EKTP
terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Lampung Tengah, Hipotesis yang diajukan yaitu : Kualitas pelayanan
pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung
Tengah berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Tengah.
Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu menjelaskan
hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik sampling
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling di mana penentuan
responden sebagai sampel di lakukan dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang
berjumlah 100 responden Yaitu masyarakat yang melakukan perekeman E-KTP didinas
kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten lampung tengah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi,
wawancara dan kuesioner. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah dengan
menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan
interprestasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian, sedangkan analisis kuantitatif
meliputi : uji validitas dan realibilitas, analisis regresi linier sederhana, pengujian
hipotesis melalui uji t, serta analisis koefisien determinasi (R2).
Dari uji determinasi (R2) dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan
konsumen diperoleh hasil sebesar 0,983 yang artinya kepuasan konsumen dipengaruhi
oleh faktor kualitas pelayanan sebesar 98,3% sedangkan sisanya yaitu 1,7% kepuasan
konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Berdasarkan hasil pembahasan yang diperoleh yaitu ha diterima dan ho ditolak.
Kata kunci : kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.
Tidak tersedia versi lain