(E-SKRIPSI) PENGARUH HARGA DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN SNACK TSUBASA PADA MAJU JAYA DI BANDAR LAMPUNG
David Setiawan, Pengaruh Harga dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Snack Tsubatsa pada Maju Jaya di Bandar Lampung, di bawah bimbingan Ibu Selfia Alke Mega, ST. MM. Tebal 64 halaman, 13 tabel, 3 gambar dan 3 lampiran.
Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah harga dan biaya promosi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap volume penjualan Snack Tsubatsa pada Maju Jaya di Bandar Lampung?”.
Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga dan biaya promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan Snack Tsubatsa pada Maju Jaya di Bandar Lampung.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka diajukan hipotesis yaitu harga dan biaya promosi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap volume penjualan Snack Tsubatsa pada Maju Jaya di Bandar Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal yaitu untuk mengetahui hubungan atau pengaruh dari variabel bebas dan variabel terikat, dengan pendekatan penelitian deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai Fhitung (26,894) > Ftabel (4,2565), sedangkan sinificant yang diperoleh sebesar 0,016, lebih kecil dari yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti secara bersama-sama harga (X1) dan biaya promosi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Volume penjualan Snack Tsubatsa pada Maju Jaya di Bandar Lampung. Harga jual berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Volume penjualan, dengan nilai thitung (-5,422) lebih kecil dari nilai ttabel (-1,833) atau dengan kata lain thitung > ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,004, lebih kecil dari yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. Biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, dengan nilai thitung (2,861) lebih besar dari nilai ttabel (1,833) atau dengan kata lain thitung > ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,019, lebih kecil dari yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan.
Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,857 yang menunjukkan bahwa 85,7% variabel volume penjualan dapat dijelaskan oleh variabel independen harga dan biaya promosi, sedangkan sisanya sebesar 14,3% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Harga, Biaya Promosi, Volume Penjualan.
Tidak tersedia versi lain