(E-SKRIPSI) PENGARUH HARGA DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN MOBIL TOYOTA INNOVA PADA TUNAS TOYOTA DI BANDAR JAYA
Penelitian skripsi saya lakukan pada perusahaan Tunas Toyota Bandar Jaya,
dengan judul “Pengaruh Harga dan Biaya Promosi Terhadap Nilai
Penjualan Mobil Toyota Innova Pada Tunas Toyota Di Bandar Jaya”. Di
bawah bimbingan Bapak Prajawantoro, S.E., M.M.
Untuk menjalankan usahanya perusahaan di hadapkan masalah, berdasarkan
masalah tersebut maka dapat di rumuskan permasalahan: “Apakah harga dan
biaya promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap nilai
penjualan mobil Toyota Innova pada Tunas Toyota di Bandar Jaya?”.
Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis: “Pengaruh harga dan biaya
promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh terhadap nilai penjualan
mobil Toyota Innova pada Tunas Toyota di Bandar Jaya”.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diajukan hipotesis yaitu “Harga dan
biaya promosi secara parsial dan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan
terhadap nilai penjualan mobil Toyota Innova pada Tunas Toyota di Bandar
Jaya”.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal yaitu
untuk mengetahui hubungan atau pengaruh dari variabel bebas dan variabel
terikat, dengan pendekatan penelitian deskriptif.
Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Fhitung adalah
sebesar (18,137) sedangkan Ftabel adalah (4,96), dengan demikian hasil Fhitung >
Ftabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil significant yang
diperoleh sebesar 0,001, lebih kecil dari yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga
dapat dikatakan signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti
secara bersama-sama harga (X1) dan biaya promosi (X2) berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap Nilai penjualan mobil Toyota Innova pada Tunas
Toyota di Bandar Jaya.
Harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai penjualan, nilai thitung
(2,270) lebih besar dari nilai ttabel (1,81246) atau dengan kata lain thitung > ttabel,
sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,049, lebih kecil dari yang
ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. Karena itu Ho ditolak
dan Ha diterima atau dengan kata lain variabel bebas biaya promosi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Nilai Penjualan.
Biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai penjualan, nilai
thitung (4,472) lebih besar dari nilai ttabel (1,81246) atau dengan kata lain thitung >
iv
ttabel, sedangkan hasil significant yang diperoleh sebesar 0,002, lebih kecil dari
yang ditentukan yaitu 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. Karena itu Ho
ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain variabel bebas biaya promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Penjualan.
Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,801 yang menunjukkan bahwa 80,1%
variabel Nilai penjualan dapat dijelaskan oleh variabel independen harga dan
biaya promosi, sedangkan sisanya sebesar 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Harga, Biaya Promosi, Nilai Penjualan.
Tidak tersedia versi lain