(E-SKRIPSI) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PONSEL (Study kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung)
Konsumen ponsel di seluruh dunia sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berbeda dalam melakukan keputusan pembelian handphone, berbagai penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen untuk membeli ponsel. Studi ini menunjukkan beberapa variabel sebagai faktor penentu yang mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor-faktor ini meliputi harga, fitur, kualitas, nama merek, daya tahan, faktor sosial dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara harga, Faktor sosial, Daya Tahan, Merek, Fitur, Setelah Pembelian terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. populasi dalam penelitina ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung angkatan 2014-2017 sebanyak 881 orang dengan rumus slovin, sampel sebanyak 90 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regeresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menyimpulkan Terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung, Terdapat pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung, Terdapat pengaruh daya tahan terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung,Terdapat pengaruh merek terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung, Terdapat pengaruh fitur terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung,Terdapat pengaruh setelah melakukan pembelian terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung, secara simultan menunjukkan bahwa harga (X1), Faktor sosial (X2), Daya Tahan (X3), Merek (X4), Fitur (X5), Setelah Pembelian (X6) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian ponsel pada mahasiswa UBL Bandar lampung.
Dapat meningkatkan Desain produk ponsel yang berbeda memperbaiki daya tahan dan kualitas merek, mereka juga harus mempertimbangkan harga jualnya sehingga membuatnya terjangkau oleh semua orang. Untuk itu perusahaan lebih berkonsentrasi pada pengembangan ponsel berkualitas dan terjangkau dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk meningkatkan produk mereka agar ditawarkan dengan harga lebih rendah yang dapat dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah pengurangan biaya
Kata Kunci : Harga, Faktor Sosial, Daya Tahan, Merek, Fitur, Setelah Pembelian
Tidak tersedia versi lain