(E-SKRIPSI) Pengaruh Loyalitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna di Bandar Lampung
Reza Desmayanti, Pengaruh Loyalitas Merek dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna di Bandar Lampung, di bawah
bimbingan Bapak Dr. Hendri Dunan., SE., MM, sebagai Pembimbing Utama.
PT. HM. Sampoerna Tbk adalah anak perusahaan dari PT Philip Morris
Indonesia (PMID) dan afiliasi dari Philip Morris Internasional Inc., perusahaan
rokok tembakau internasional terkemuka di dunia.
Masalah dalam penelitian ini adalah “Konsumen rokok Sampoerna hanya
dikalangan tertentu saja, seperti dari kalangan karyawan dan mahasiswa yang
lebih mendominasi. Harga rokok Sampoerna di Bandar Lampung terbilang tinggi,
dan pangsa pasar PT. HM. Sampoerna Tbk. berada diposisi kedua dikalahkan
dengan PT. Gudang Garam Tbk sebagai pemimpin pasar rokok di Bandar
Lampung”.
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah “Apakah loyalitas
merek dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna di
Bandar Lampung? , apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
rokok di Bandar Lampung? Dan apakah loyalitas merek dan harga berpengaruh
terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna di Bandar Lampung?”.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh loyalitas
merek dan harga terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna di Bandar
Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat
SPSS for Windows versi 18.0
Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa diperoleh
nilai F statistik sebesar 82,417 (82.417 > 3,94) dengan signifikansi sebesar 0.000.
Nilai signifikansi pengujian tersebut lebih kecil dari dari taraf signifikansi α =
0,05. Dengan demikian variabel loyalitas merek dan harga yang dimaksukkan
dalam model regresi berganda linear mempunyai pengaruh bersama-sama secara
signifikan terhadap keputusan pembelian.
Nilai koefisien determinasi (R²) diperoleh sebesar 0,639. Hal ini
mengandung pengertian bahwa 63,9% variabel keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel loyalitas merek dan harga sedangkan sisanya sebesar
36,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk ke dalam model
penelitian.
Kata kunci: Loyalitas Merek, Harga, Keputusan Pembelian.
Tidak tersedia versi lain