(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SEMEN PADANG PADA PT MAJU MAKMUR MULIA DI BANDAR LAMPUNG
PT Maju Makmur Mulia di Bandar Lampung merupakan perusahaan yang
bergerak di bidang distributor Semen Padang, dalam memasarkan produknya
menghadapi berbagai kendala dan hambatan yang berasal dari dalam maupun luar
perusahaan. Hambatan yang berasal dari luar perusahaan, biasanya berasal dari
pesaing.
Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah “Bagaimana strategi pemasaran
Semen Padang dalam rangka meningkatkan nilai penjualan di Bandar Lampung?”.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Semen
Padang dalam rangka meningkatkan nilai penjualan di Bandar Lampung.
Berdasarkan permasalahan tersebut di atas, maka diajukan hipotesis yaitu diduga
strategi pemasaran semen padang belum tepat dalam rangka meningkatkan nilai
penjualan di Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang digunakan
untuk menarik suatu kesimpulan yang berupa uraian-uraian atau pendapat dari
data yang diperoleh atau dikumpulkan, dengan teknik Analisis SWOT dan
Analisis BCG.
Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan
analisis SWOT untuk pemasaran Semen Padang dapat ditempuh dengan strategi
berupa melakukan riset pasar untuk mengetahui harga pesaing dan daya beli
konsumen di Bandar Lampung dan menentukan metode promosi yang lebih
efektif dalam mengantisipasi gencarnya promosi yang dilakukan oleh pesaing.
Berdasarkan hasil analisis BCG, diperoleh nilai tingkat pertumbuhan pasar
sebesar 4,91% sedangkan untuk perhitungan pangsa pasar relatif diperoleh nilai
sebesar 71,84% atau 0,7184 kali. Hal ini menunjukkan bahwa Semen Padang
berada pada Kuadran II, yaitu Daerah Bintang (Stars), bagian Kuadran II yang
memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan rata-rata pertumbuhan pasar yang tinggi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Nilai Penjualan, Semen Padang.
Tidak tersedia versi lain