(E-SKRIPSI) ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA PT. GOJEK INDONESIA (Studi pada Go-Ride dan Go-Food di Bandar Lampung)
Zantoni Muammar, Analisis Strategi Persaingan Bisnis Pada PT.Gojek Indonesia Dalam Menghadapi Persaingan (Studi pada Go-Ride dan Go-Food di Bandar Lampung), dibawah bimbingan Ibu Indriati Agustina Gultom,S.T.,M.M, sebagai Pembimbing Utama. Tebal, Halaman, Tabel, Gambar dan Lampiran.
PT. Gojek Indonesia berdiri pada tahun 2011 oleh seorang pemuda yang kreatif. Pendiri Gojek bernama Nadiem Makarin dan Michaelanglo Maron. Para tukang ojek pangkalan tersebut terkadang menunggu 8 sampai 10 jam, tetapi paling hanya mendapatkan 4 sampai 7 penumpang saja.Inilah salah satu kelebihan dari Gojek dibandingka dengan ojek pangkalan lainnya. Untuk keuntungan, terdapat pembaagian 20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang driver Gojek bisa mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya.Tingginya tingkat persaingan dalam berbagai bisnis saat ini menuntut setiap manajemen berusaha menemukan strategi khusus untuk menciptakan keunggulan bersaing, sehingga dapat menepatkan perusahaan pada posisi teratas (market leader), sekaligus mampu mempertahankan posisi tersebut. Salah satu perusahaan yang harus mampu mempertahankan posisi tersebut. Salah satu perusahaan yang harus mempertahankan strategi yang sudah diterapkan dalam perusahaan PT.Gojek Indonesia. PT.Gojek Indoneisa merupakan pemimpin pasar dalam upaya memandu perkembangan industri moda transportasi online di Indonesia.
vi
Menghadapi persaingan yang ketat ini maka PT Gojek Indonesia harus mampu mengantisipasi berbagai ancaman dari para pesaing, berusaha memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam perusahaan dan memanfaatkan peluang-peluang dengan kekuatan-kekuatan yang ada, sehingga dapat menentukan straegi bisnis yang tepat, dan bagaimana cara menghadapi keadaan dengan adanya persaingan pasar dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah menggunakan marketing mix dengan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threath).
Tujuan peelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi bisnis apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen untuk menghadapi persaingan pada Go-Ride dan Go-Food di Bandar Lampung. Data yang dapat digunakan untuk penelitian ini adalah data sekunder dan primer, yang diperoleh dari hasil wawancara, hasil pengamatan langsung dilapangan, laporan tertulis, serta data-daa dari literatur seperti buku, internet dan artikel. Maka strategi bisnis yang dapat diimplementasikan yaitu strategi Horizontal. Strategi ini adalah cara peusahaaan untuk menemukan kepemilikan dan mengupayakan peningkatan kontrol atas para pesaing. Strategi ini umumnya melakukan langkah akusisi, merger, atau pengambilalihan.
Kata kunci : Strategi Persaingan Bisnis
Tidak tersedia versi lain