Computer File
(E-SKRIPSI) STRATEGI KOMUNIKASI PETUGAS HELP DESK DALAM MELAYANI WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung)
Perkembangan pajak di Indonesia semakin meningkat dari masa ke masa.
Pajak ditempatkan pada posisi teratas sebagai sumber penerimaan yang pertama
dan utama dalam meningkatkan kas negara. Untuk itu perlu adanya peningkatan
kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan terciptanya masyarakat
yang taat pajak. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi petugas help desk Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung dalam meningkatkan kualitas pelayanan
publik. Pelaksanan penelitian dimulai pada bulan Juni 2018 sampai dengan bulan
Oktober 2018. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan mereduksi
semua catatan lapangan, menyajikan data dalam bentuk deskripsi sesuai dengan
keadaan lapangan dan menarik kesimpulan. Pola analisis ini berlangsung selama
proses penelitian di lapangan berlangsung. Hasil penelitian ini menujukan bahwa
strategi komunikasi petugas help desk dalam melayani wajib pajak pada Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung yaitu dengan menggunakan komunikasi
interpersonal atau face to face sehingga petugas help desk dalam memberikan
penjelasan dapat mudah dimengerti oleh wajib pajak.
Kata Kunci : Help Desk, Komunikasi, Strategi, Pelayanan Publik.
Tidak tersedia versi lain