Computer File
(E-SKRIPSI) ANALISIS DAN PERBANDINGAN KEKUATAN STRUKTUR ATAS PADA MODEL JEMBATAN RANGKA BESI DAN RANGKA KAYU TIPE HOWE
Jembatan adalah sebuah prasarana transportaasi yang berperan penting
dalam sebuah sistem perekonomian. Jembatan sudah ada sejak zaman dahulu
hingga sekarang, dirancang untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan
yang berada lebih rendah seperti sungai dan rawa. Kerusakan jembatan akan
berdampak sangat besar pada seistem perekonimian sebuah tempat. Faktor
penyebab kerusakan jembaatan bisa bermacam-macam. Ketidak kekuatan rangka
batang sebuah jembatan dalam menahan beban dapat menimbulkan lendutan
bahkan patahan pada bentang jembatan. Bentuk kontruksi rangka batang dan
material jembatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kekuatan
sebuah jembatan.
Dengan menggunakan bahan penelitian dari peneliti sebelumya, yaitu
jembatan rangka besi dan kayu tipe Howe dengan panjang total rangka yang sama
yaitu 120 cm, Lebar 50 cm dengan Tinggi jembatan 27 cm, akan menghitung gaya
batang dengan tiga metode yaitu titik simpul, Cremona, dan SAP2000 bertujuan
untuk membandikan mengunakan tiga metode tersebut. Selanjutnya akan
melakukan perhitungan lendutan menggunakan metode perhitungan virtual work
dan Eksperimen (Dial Indikator) yang memiliki ketelitian pengukuran sampai
dengan 0,01 mm per garis skala. Akan menghitung lendutan maksimum yang
terjadi dengan beban terpusat setiap titik buhul sebesar 7 Kg.
Hasil yang di dapat dari pengujian jembatan rangka besi dan rangka kayu
tipe Howe mengunakan beban 7 Kg pada tiap titik simpul Didapatkan nilai gaya
batang yang sama antara ketiga metode tersebut, gaya tarik terbesar terletak pada
batang CD dan DE pada saat pembebanan merata di setiap titik buhul tipe Howe
di dapatlah hasil mengunakan metode titik Simpul (23,33 Kg), metode Cremona
(23,33 Kg), dan SAP2000 (23,33 Kg). Dengan gaya tekan terbesar di batang AL
dsn HG dengan hasil mengunakan metode titik Simpul (-21,78 Kg), metode
Cremona (-21,78 Kg), dan SAP2000 (-21,78 Kg) dan didapatkan nilai Lendutan
maksimum tipe Howe sebesar 0,141914 Cm (Kayu) dan 0,003880 (Besi) di titik D
hasil Virtual Work dan 0,096cm (Kayu) dan 0,072cm (Besi) pengujian Dial
Indicator.
Kata Kunci : Jembatan, Rangka Batang, Howe, Lendutan.
Tidak tersedia versi lain