Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Computer File

(E-SKRIPSI) ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN STRUKTUR ATAS PADA MODEL JEMBATAN RANGKA KAYU DAN RANGKA BESI TIPE WARREN

Dharma Putra Utama - Nama Orang;

Jembatan adalah suatu kontruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan
melalui suatu rintangan yang berada lebih rendah. Ketidak kekuatan jembatan
dalam menahan beban dapat menimbulkan lendutan pada bentang jembatan.
Bentuk kontruksi dan material jembatan memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap kekuatan sebuah jembatan. Pemodelan dengan dimensi model jembatan
adalah 120 cm, lebar 50 lm dan tinggi 24,2 cm.
Dengan metode perhitungan, yaitu Virtual work dapat dihitung lendutan
maksimum yang terjadi apabila diberikan beban terpusat setiap titik buhul sebesar
7 Kg. Dengan metode yang serupa dengan kontruksi jembatan yang telah dihitung,
dibandingkan dengan pengujian yang diukur secara presisi dengan
mempergunakan dial indicator yang memiliki ketelitian pengukuran sampai dengan
0,01 mm per garis skala.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan rangka batang
menggunakan metode cremona lebih tepat 0,02588 % dari metode kesetimbangan
titik simpul. Kemudian perhitungan lendutan secara teoritis lebih besar
dibandingkan dengan hasil pengujian. Untuk mendapatkan hasil lendutan yang
sama secara teoritis terhadap model jembatan rangka kayu dan rangka besi tipe
Warren dengan membandingkan data penelitian secara teoritis perlu dilakukan
pemodelan ulang dengan ukuran luas penampang kayu di perbesar menjadi sebesar
36,5714 Cm2. Dengan melihat data perhitungan dan data pengujian jembatan tipe
Warren diperoleh kesimpulan bahwa lendutan yang terjadi pada pembebanan
terpusat di setiap titik buhul dengan beban 7 Kg dengan Lendutan maksimum
Jembatan rangka tipe Warren sebesar 0,145182 Cm (Kayu) dan 0,003970 (Besi)
terjadi di titik D menggunakan Virtual Work dan 0,1010cm (Kayu) dan 0,0552
(Besi) Menggunakan Dial Indicator.
Kata Kunci : Jembatan, Rangka Batang, Lendutan, Warren


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600) REF 620 DHA a 18047
FT 18047
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 620 DHA a
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Teknik UBL., 2018
Deskripsi Fisik
166 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teknik Sipil
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Ir. Heri Riyanto, M.T
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?