Computer File
(E-SKRIPSI) ANALISIS DAN PERBANDINGAN KEKUATAN STRUKTUR ATAS PADA MODEL JEMBATAN RANGKA KAYU DAN RANGKA BESI TIPE PARKER
Jembatan adalah sebuah prasarana transportaasi yang berperan penting dalam
sebuah sistem perekonomian. Jembatan sudah ada sejak zaman dahulu hingga
sekarang, dirancang untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada
lebih rendah seperti sungai dan rawa. Kerusakan jembatan akan berdampak sangat
besar pada seistem perekonimian sebuah tempat. Faktor penyebab kerusakan
jembaatan bisa bermacam-macam. Ketidak kekuatan rangka batang sebuah
jembatan dalam menahan beban dapat menimbulkan lendutan bahkan patahan
pada bentang jembatan. Bentuk kontruksi rangka batang dan material jembatan
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kekuatan sebuah jembatan.
Dengan menggunakan bahan penelitian dari peneliti sebelumya, yaitu jembatan
rangka besi dan kayu tipe Parker dengan panjang total rangka yang sama yaitu 120
cm, Lebar 50 cm dengan Tinggi jembatan 33 cm, akan menghitung gaya batang
dengan tiga metode yaitu titik simpul, Cremona, dan SAP2000 bertujuan untuk
membandikan mengunakan tiga metode tersebut. Selanjutnya akan
melakukan perhitungan lendutan menggunakan metode perhitungan virtual work
dan Eksperimen (Dial Indikator) yang memiliki ketelitian pengukuran sampai
dengan 0,01 mm per garis skala. Akan menghitung lendutan maksimum yang
terjadi dengan beban terpusat setiap titik buhul sebesar 7 Kg.
Hasil yang di dapat dari pengujian jembatan rangka besi dan rangka kayu tipe
Parker mengunakan beban 7 Kg pada tiap titik simpul Didapatkan nilai Lendutan
maksimum Jembatan rangka tipe Parker pada saat pembebanan di titik D
sebesar 0,046517 cm (Kayu) dan 0,001271 cm (Besi) di titik D menggunakan
Virtual Work dan sebesar 0,031cm (Kayu) dan 0,015cm (Besi) terjadi di titik D
menggunakan Dial Indicator.
Kata Kunci : Jembatan, Rangka Batang, Parker, Lendutan
Tidak tersedia versi lain