Perpustakaan Pusat UBL

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • ejurnal
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Computer File

(E-SKRIPSI) ANALISIS DAN PERBANDINGAN KEKUATAN STRUKTUR ATAS PADA MODEL JEMBATAN RANGKA KAYU DAN RANGKA BESI TIPE PARKER

Ega Suryana - Nama Orang;

Jembatan adalah sebuah prasarana transportaasi yang berperan penting dalam
sebuah sistem perekonomian. Jembatan sudah ada sejak zaman dahulu hingga
sekarang, dirancang untuk meneruskan jalan melalui suatu rintangan yang berada
lebih rendah seperti sungai dan rawa. Kerusakan jembatan akan berdampak sangat
besar pada seistem perekonimian sebuah tempat. Faktor penyebab kerusakan
jembaatan bisa bermacam-macam. Ketidak kekuatan rangka batang sebuah
jembatan dalam menahan beban dapat menimbulkan lendutan bahkan patahan
pada bentang jembatan. Bentuk kontruksi rangka batang dan material jembatan
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kekuatan sebuah jembatan.
Dengan menggunakan bahan penelitian dari peneliti sebelumya, yaitu jembatan
rangka besi dan kayu tipe Parker dengan panjang total rangka yang sama yaitu 120
cm, Lebar 50 cm dengan Tinggi jembatan 33 cm, akan menghitung gaya batang
dengan tiga metode yaitu titik simpul, Cremona, dan SAP2000 bertujuan untuk
membandikan mengunakan tiga metode tersebut. Selanjutnya akan
melakukan perhitungan lendutan menggunakan metode perhitungan virtual work
dan Eksperimen (Dial Indikator) yang memiliki ketelitian pengukuran sampai
dengan 0,01 mm per garis skala. Akan menghitung lendutan maksimum yang
terjadi dengan beban terpusat setiap titik buhul sebesar 7 Kg.
Hasil yang di dapat dari pengujian jembatan rangka besi dan rangka kayu tipe
Parker mengunakan beban 7 Kg pada tiap titik simpul Didapatkan nilai Lendutan
maksimum Jembatan rangka tipe Parker pada saat pembebanan di titik D
sebesar 0,046517 cm (Kayu) dan 0,001271 cm (Besi) di titik D menggunakan
Virtual Work dan sebesar 0,031cm (Kayu) dan 0,015cm (Besi) terjadi di titik D
menggunakan Dial Indicator.
Kata Kunci : Jembatan, Rangka Batang, Parker, Lendutan


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pusat UBL (Di Rak Kelas 600) REF 620 EGA a 18048
FT 18048
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
REF 620 EGA a
Penerbit
Universitas Bandar Lampung : Fakultas Teknik UBL., 2018
Deskripsi Fisik
183 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Teknik Sipil
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Ir. Heri Riyanto, M.T
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pusat UBL
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?