Computer File
(E-SKRIPSI) ANALISIS KEMAUAN DAN KEMAMPUAN MEMBAYAR SERTA PREDIKSI POLA PERJALANAN KONSUMEN TERHADAP RENCANA PELAYANAN BUS RAPID TRANS RUTE PASAR KOTA KARANG – PASAR LEMPASING BANDAR LAMPUNG
Berkembangnya kegiatan penghidupan di Kota Bandar Lampung tepatnya di daerah Jalan
Laksamana R.E.Martadinata sudah sangat pesat yang juga akan membangkitkan peningkatan arus
lalu lintas, sehingga diperlukan usaha peningkatan pelayan an transportasi. Pada Tahun 2011 ,
Pemerintah Daerah Kota Bandar Lampung menyelenggarakan angkutan umum Bus Rapid Trans
(BRT). Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kembali kinerja angkutan umum dan
mengembalikan kepercayaan ma syarakat terhadap angkutan umum . Penelitian ini bertujuan u ntuk
mengetahui tarif yang diberikan oleh konsumen terhadap rencana pelayanan Bus Rapid Trans rute
Pasar Kota Karang – Pasar Lempasing Bandar Lampung , meninjau apakah karakteristik sosial -
ekonomi atau atribut pelayanan transport asi yang paling dominan mempengaruhi kesediaan
konsumen untuk membayar , kemampuan konsumen untuk membayar dan mengetahui pola
perjalanan yang akan dilakukan oleh konsumen
Penelitian dilakukan dengan cara survey untuk mengetahui pola perjalanan dan kemauan serta
kemampuan konsumen dalam menentukan tarif pelayanan transportasi dengan atribut pelayanan
yang diberikan. Objek survey adalah masyarakat yang berada di sekitar Jalan Laksamana
R.E.Martadinata, mulai dari persimpangan Jalan Ikan Sebelah hingga ke TPI Lempasing. Data yang
diperoleh selanjutnya di olah dengan Program software SPSS v.24.
Tarif yang paling banyak diberikan oleh konsumen terhadap rencana pelayanan Bus Rapid Trans
dengan rute Pasar Kota Karang – Pasar Lempasing Bandar Lampun g berdasarkan kemauan
membayar adalah sebesar Rp.2000,-. Berdasarkan kemampuan membayar dengan melihat hasil
model regresi yang diperoleh maka didapatkan informasi tentang jumlah koefisien dari faktor sosial
– ekonomi dengan variabel jenis kelamin, usia, pendapatan, pendidikan, intensitas penggunaan
BRT, tempat tinggal, biaya transportasi, moda transportasi, dan tujuan sebesar 3,231 rupiah. Untuk
jumlah koefisien dari faktor atribut pelayanan yang terdiri dari tarif pelajar, jam operasional,
ketersediaan halte dan ketersediaan tempat barang tidak ada hasil yang signifikan yang berpengaruh
terhadap penentuan tarif . Faktor sosial – ekonomi dapat mempengaruhi penentuan tarif pelayanan
jasa transportasi, karena nilai koefisien dari faktor sosial – ekonomi lebih besar dari koefisien faktor
atribut pelayanan jasa transportasi . Penentuan tarif bisa dilakukan dengan memperhatikan faktor
sosial – ekonomi tetapi tetap melihat faktor atribut pelayanan jasa transportasi yang akan ditawarkan
kepada pengguna angkutan ter sebut. Asal perjalanan yang paling diminati yaitu nomer 1 dengan
lokasi di pasar kota karang dan Tujuan perjalanan yang paling diminati yaitu nomer 7 dengan lokasi
di pasar lempasing
Kata kunci : Tarif Bus Rapid Trans Pasar Kota Karang – Pasar Lempasing Bandar Lampung
Tidak tersedia versi lain