Computer File
(E-SKRIPSI) ANALISIS KINERJA JALAN BRIGJEN KATAMSO AKIBAT HAMBATAN SAMPING(STUDI KASUS KAWASAN PUSAT PERBELANJAAN MALL SIMPUR DI BANDAR LAMPUNG)
Jalan Brigjen Katamso merupakan salah satu bagian jalan di wilayah kota Bandar Lampung yang kinerja jalannya menjadi tidak efisien akibat adanya hambatan samping. Hambatan samping merupakan bentuk aktivitas yang dapat menimbulkan konflik dan berpengaruh terhadap pergerakan arus lalu lintas serta menurunkan fungsi kinerja jalan. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah Menghitung volume kendaraan yg melintasi jalan Brigjen Katamso, menghitung kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas, kapasitas jalan derajat kejenuhan. Ruang lingkup dalam penelitian ini dilakukan di sepanjang jalur dua kawasan pusat perbelanjaan mall simpur jalan Brigjen Katamso.
Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan mensurvei secara langsung Jalan Brigjen Katamso. Pelaksanaan Penelitian atau pelaksanaan survey dilakukan selama tiga hari yaitu pada hari Senin, Kamis dan Minggu. Dengan mempertimbangkan pengaruh tingkat hambatan samping terhadap volume lalu lintas dan kecepatan pada hari tersebut. Survey pengumpulan data lalu lintas dilakukan pada jam sibuk. Analisa Data Untuk penganalisaan data dan pembahasan dilakukan untuk menilai data jumlah arus lalu lintas yang lewat pada segmen jalan yang ditinjau,karakteristik hambatan samping, menganalisis kecepatan kendaraan terganggu hambatan samping, Penganalisisan kecepatan kendaraan tak terganggu hambatan samping
Hasil dari penelitian ini menunjukan volume lalu lintas pada lokasi pengamatan tersebut didapatkan jam puncak pagi yang terjadi pada hari senin sebesar 2.488smp/jam. Hambatan samping tertinggi dengan frekuensi berbobot 600.8 termasuk dalam kelas tinggi (H), Nilai kapasitas pada ruas Jalan Brigjen Katamso tanpa di pengaruhi hambatan adalah sebesar 3.386 setelah dipengaruhi hambatan menjadi 3.136 smp/jam,untuk pengaruh pelebaran menjadi 4.356 smp/jam. diperoleh nilai derajat kejenuhan pada jam puncak pagi sebelum dipengaruhi hambatan samping sebesar 0,73 dengan nilai Los CArus stabil.
Kata Kunci : Kapasitas Ruas Jalan,Hambatan Samping
Tidak tersedia versi lain