Computer File
(E-SKRIPSI) ANALISIS HAMBATAN SAMPING AKIBAT SIMPANG Jl.PELITA I TERHADAP Jl. ZAINAL ABIDIN PAGAR ALAM,BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Kota Bandar
Lampung,alasan jalan ini dipilih karena Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Menuju
jalan perkotaan pusat Kota Bandar Lampung dikenal sebagai wilayah pusat
perkuliahan dengan aktivitas cukup tinggi.Pada Jalan Zainal Abidin Pagar Alam
terdapat salah satu simpang (J.l Pelita I),dimana aktivitas Perkuliahan tersebut
menyebabkan terjadinya hambatan samping yang menjadi penyebab lalu lintas
terhambat.Penyebab utama hambatan samping pada jalan Zainal Abidin Pagar
Alam berupa kendaraan parkir dibahu jalan,pejalan kaki,serta kendaraan yang
keluar masukdari jalan Pelita I mengakibatkan kendaraan yang melintas
melambat.Akibatnya fungsi kinerja ruas jalan mengalami penurunan. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis hambatan samping yang terjadi di jalan Zainal
Abidin Pagar Alam, untuk mengetahui jenis hambatan sampimg,mengetahui
faktor – faktor dominan hambatan samping,menghitung kecepatan,serta
mengetahui besarnya pengaruh hambatan samping terhadap kinerja jalan.
Analisis ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI,1997).
Waktu pelaksanaan dilakukan pada hari Senin.Penelitian dilakukan selama 5 jam
pada jam sibuk (pagi pada pukul 06.30 – 08.30,Sore pada pukul 15.00 – 18.00).
Dalam Tugas Akhir ini pada kondisi eksisting kelas hambatan samping termasuk
dalam kategori Sedang. Pada ruas Jalan Zainal Abidin Pagar Alam bobot
hambatan samping sebesar 322 untuk pagi hari,sedangkan pada sore hari
337,Derajat Kejenuhan (DS) = 0,79 ,yang berarti kinerja jalan masih mampu
menampung arus lalu lintas Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Bandar Lampung.
Tidak tersedia versi lain