Computer File
(E-SKRIPSI) MODEL KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS PADA JALAN SULTAN AGUNG – JALAN KI MAJA KOTA BANDAR LAMPUNG)
Kota Bandar Lampung sebagai sebuah kota yang mengalami perkembangan yang cukup
pesat dengan keanekakeragaman kehidupan sosial, budaya dan ekonomi. Khusus perjalanan
dalam kota di jalan ,Agung perjalanan terbanyak umumnya terjadi di pagi hari dan sore hari
dimana orang banyak melakukan kegiatan dalam waktu serentak dan menimbulkan tundaan.
Kota Bandar Lampung memiliki beberapa ruas jalan yang sering terjadi masalah lalulintas
seperti kemacetan. Kemacetan tersebut disebabkan karena peningkatan ekonomi yang juga
menyebabkan mobilitas seseorang meningkat sehingga terjadi pergerakan lalu lintas yang
cukup tinggi. Demikian juga yang terjadi diruas jalan raya Sultan Agung. Untuk mengatasi
masalah tersebut maka diperlukan manajemen lalulintas yang terencana dan terarah dengan
terlebih dahulu menetahui karakteristik lalu lintas seperti volume dan kecepatan dengan
melakukan studi pada luas jalan tersebut. Studi dalam penelitian ini dilakukan diruas jalan
raya Sultan Agung selama 12 jam (1 hari) survey, yang bertujuan untuk mengetahui
kapasitas yang ada diruas jalan tersebut, dengan metode yang digunakan adalah model
Greenshields, Greenberg, dan Underwood yang kemudian dibandingkan dengan kapasitas
menggunakan metode MKJI 1997. Kapasitas yang digunakan dengan pemodelan
Greenshields, Greenberg, dan Underwood didapat dengan terlebih dahulu mencari
hubungan matematis antara parameter Volume-Kecepatan-Kepadatan dan koefisien
determinasi (R2) yang tertinggi untuk 12 jam survey. Dari hasil pemodelan didapat untuk
model Greenberg, jumlah koefisien tertinggi adalah dengan R2 = 1,8526 Berdasarkan
perhitungan dari ketiga model tersebut yang paling mendekati dengan perhitungan MKJI
adalah model Greenberg.
Kata kunci: Titik-Titik Rawan Macet, Kapasitas, Greenberg,Greensheilds,Underwood
Tidak tersedia versi lain