Computer File
(E-SKRIPSI) PENGARUH MODIFIKASI TORAK TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR
Belakangan ini, selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan
untuk kepentingan kompetisi performance. Metode perubahan sudut torak
menjadi hal yang sederhana untuk merubah volume ruang bakar dengan
tujuan untuk meningkatkan perbandingan rasio kompresi. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium.
Dimana menggunakan sepeda motor Yamaha mio 115cc dan bahan bakar
Pertamax, serta menggunakan torak standar dan modifikasi untuk mengetahui
pengaruhnya terhadap unjuk kerjanya. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan dynamometer (dynotest) untuk mengetahui daya maksimum
dan torsi maksimum pada sepeda motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengujian menggunakan torak standar diperoleh sebesar 6,68 PS pada
putaran 8500 rpm dan torsi maksimum 9,54 NM pada putaran 3500 rpm,
Setelah dilakukan modifikasi pada Torak yang menyebabkan peningkatan
pada perbandingan rasio kompresi, memberikan dampak positif pada daya
motor menggunakan bahan bakar Pertamax. Hasil pengujian menunjukkan
kenaikan daya dari 6,68 PS menjadi 6,90 PS menggunakan bahan bakar
Pertamax. dari hasil pengujian torsinya, yang mana pada Torak modifikasi
mengalami peningkatan dari 8,61 Nm menjadi 9,54 Nm.
Kata kunci : Rasio kompresi; modifikasi torak ; Unjuk kerja.
Tidak tersedia versi lain