TEXT
Koperasi di era ekonomi kreatif
Koperasi sebagai salah satu alternatif model badan usaha di Indonesia, menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Selain pandangan pesimistis masyarakat akan eksistensi Koperasi, sektor usaha Koperasi yang mayoritas dibidang keuangan seakan semakin mempersempit ruang gerak Koperasi untuk merambah di sektor usaha yang lain. Banyaknya kasus penipuan mengatasnamakan Koperasi, rentenir yang berkedok Koperasi semakin memperburuk citra Koperasi ditengah-tengah masyarakat.
Revolusi industri yang saat ini sampai pada tahap industri kreatif membutuhkan bentuk badan usaha yang mewadahi para pelaku bisnis industri kreatif. Selain institutional forms of creative enterprises, pelaku industri kreatif juga membutuhkan creative center sebagai pusat pelatihan dan sarana dan prasarana kreasi, tempat pemasaran produk kreatif dan lembaga keuangan. Hal tersebut diperlukan agar industri kreatif tidak hanya memberikan nilai tambah secara ekonomi tapi juga secara sosial, seni dan budaya atau yang lebih dikenal dengan istilah Ekonomi Kreatif.
Dalam buku ini mendeskripsikan potensi da peran Koperasi dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor Ekraf di Indonesia. Peran nyata Koperasi diberbagai negara menjadi bukti bahwa Koperasi tidak hanya sebagai penggerak ekonomi, tetapi juga sebagai instrumen untuk membangun kehidupan sosial yang tidak dimiliki oleh badan usaha yang lain. Buku diharapkan dapat memberikan rasa percaya diri pelaku kreatif untuk menggunakan Koperasi dalam menjalankan kegiatan usahanya. Buku ini penting bagi pejuang Koperasi Indonesia yang ingin membawa kejayaan koperasi dan memberikan arah baru bagi kegiatan usaha Koperasi Indonesia.
Tidak tersedia versi lain