TEXT
Kewirausahaan UKM Pemikiran dan Pengalaman : Karya Bersama Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya dan Forum Daerah UKM Jawa Timur
Industri UKM di tanah air saat ini meghadapi situasi yang demikian sullit ditengah perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks.
Persaingan pun telah menjadi kian ketat seiring dengan derasnya arus perdagangan bebas yang secara otomatis membuat kompetisi datang dari segala penjuru baik domestik, regional maupun global.
Hal tersebut tentunya membawa tantangan tersendiri bagi para pelaku UKM di Indonesia. Namun ada peluang dibalik tantangan.
Untuk berhasil dalam bidang yang digeluti, UKM harus memiliki orientasi pemasaran yang mencukupi.
Mereka tidak saja harus memiliki paradigma sebagai 100% wirausaha, namun juga sebagai marketer tulen.
selama ini banyak yang salah menyangka bahwa konsep marketing hanya dapat dipraktekkan pada perusahaan besar yang punya uang dan budget besar.
Sebab banyak dari mereka yang beranggapan bahwa marketing itu adalah tentang bagaimana mengeluarkan uang untuk beriklan guna membentuk merek.
Tidak tersedia versi lain