TEXT
Media Cetak : Bagaimana Merancang dan Memroduksi
Media cetak adalah setiap hasil (output) karya tulis yang dimultiplikasi (digandakan) baik untuk tujuan komersial maupun tujuan kehumasan. Ruang lingkup produksi media cetak ialah semua hasil karya cetak berupa olah pikir dan olah budaya manusia sebagai alat komunikasi yang bertulis dan dengan perkembangan peradaban dan kemampuan berpikir manusia yang cenderung mengarah pada efisiensi dan efektivitas, media yang digunakan sebagai sarana cetak-mencetak pun semakin praktis dan mobile. Jika pada zaman baheula manusia mencetak menggunakan media dari batu, dinding, pilar bangunan, kulit binatang (vellum), dan daun lontar, maka kini manusia mencetaknya menggunakan media kegiatan cetak-mencetak hampir selalu dikaitkan dengan bahan baku utama kertas. Kertas pun banyak ragamnya, tergantung tujuannya. Hasil akhir (produksi cetak-mencetak) tidak hanya buku, tetapi mencakup juga surat kabar, majalah, tabloid, media kehumasan, serta terbitan-terbitan berkala ini dirancang sebagai pegangan mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Politeknik. Namun, karyawan yang bekerja di bagian promosi dan marketing yang terlibat dalam proses cetak-mencetak pun perlu membaca dan memilikinya karena sangat relevan dengan pekerjaan sehari-hari.
Selain membahas sejarah dan filosofi media cetak, juga dijelaskan sisi demografi dan psikologi audiens, pengaruh terpaan media cetak, (media exposure), serta kreatif dan teknik memroduksi media cetak.
Materi pembahasan meliputi:
Bagian I Produksi Media Cetak:
Etimologi, Semantik dan Ruang Lingkup Sejarah Tulisan, Media, dan Teknologi Cetak Media Cetak sebagai Sarana Komunikasi Perkembangan Produksi Media Cetak di Indonesia, Terutama Buku Buku sebagai Pilar utama Media Cetak Hubungan antara PerPenerbit : Graha Ilmudan Penerbitan dengan Masyarakat
Bagian II Poster:
Pengertian, Sejarah, dan Bagaimana Memroduksinya Membuat dan Memroduksi Flier Memroduksi Buletin Intern Proses Produksi Buku
Tidak tersedia versi lain