TEXT
Marketing Intelligence
Buku yang terdiri dari 11 bab ini membahas masalah intelijen pemasaran sebagai sarana pengumpulan informasi intelijen yang diperlukan oleh organisasi bisnis untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin dalam kaitannya memperbesar pangsa pasar dan menghadapi kompetisi dalam dunia bisnis.
Bab I membahas masalah pengertian apa itu inteljen pemasaran, pentingya dalam dunia bisnis, serta manfaat dan tujuan. Bab II membicarakan mengenai proses dalam melahirkan produk informasi inteljen dari mulai analisis kebutuhan, cara mencari data, menganalisis dan mengkomunikasikan kepada para pengguna. Bab III membahas peranan inteljen pemasaran yang digunakan untuk memahami seperti apa bisnis perusahaan yang sedang dijalankan, memahami adanya kompetisi dan mengidentifikasi siapa sebenarnya pelanggan perusahaan sebenarnya. Bab IV berisi elemen yang mendasari inteljen pemasaran dimana dipaparkan dalam bagian ini pertanyaan-pertanyaan vital mengenai inteljen pemasaran. Bab V membahas cara mengidentifikasi saluran distribusi, yaitu mata rantai produk/jasa sampai ke pengguna akhir atau pelanggan yang merupakan titik penting bagi perusahaan dalam menjual produk atau jasanya. Dalam bab VI berisi mengenai struktur data dan teknik analisis yang digunakan dalam menghasilkan produk informasi inteljen. Dalam bab VII penulis mengemukakan bagaimana caranya mendapatkan pelanggan dalam usahanya memperbesar pangsa pasar dengan cara mengembangkan pertanyaan-pertanyaan penting yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Bab VIII membahas cara-cara praktis mengumpulkan informasi melalui media Internet dengan menggunakan search engine dan cara melindungi kerahasiaan hasil informasi yang diperlukan. Dalam Bab IX dibahas mengenai faktor-faktor penyebab munculnya pesaing, strategi melakukan pertahanan dan penyerangan kepada lawan bisnis untuk memenangkan persaingan. Dalam Bab X dan XI penulis melengkapi buku ini dengan memberikan gagasan untuk mempertahankan pelanggan melalui riset kepuasan pelanggan disamping perusahaan terus mencari pelanggan baru. Karena mempertahankan pelanggan sama pentingnya dengan mencari pelanggan baru.
Tidak tersedia versi lain