TEXT
(FISIP) Metode pembelajaran & pengajaran
Ilmu manajemen merupakan ilmu yang sangat mendasar untuk semua kalangan. Setiap organisasi membutuhkan ilmu ini untuk mengelola organisasinya sesua tujuan yang hendak dicapai. Untuk itu, penulis menulis buku ini untuk membantu pembaca mengenal serta memahami lebih mudah mengenai konsep dasar ilmu manajemen. Dalam buku ini dibahas mulai dari definisi ilmu manajemen, sejarah dan tokoh ilmu manajemen, perencanaan, pengorganisasian, hingga pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi.
Buku Metode Pembelajaran dan Pengajaran karya Dr.C. George Boeree ini membahas mengenai masalah kecerdasan dan hal – hal yang meingkupinya dengan berbagai paparan mengenai metode pmbelajaran dan pengajaran dari sisi psikologi.
Di bab 1 ini, Boeree membahas mengenai inferioritas di akademia yang di adaptasi dari apa yang ia lihat di sekitarnya. Ia menjelaskan bahwa anak didik selalu mengindari mata pelajaran yang mereka anggap buruk untuk mereka, karena mereka mendapatkan nilai jelek si mata pelajaran itu. Mereka sama sekali tidak termotivasi untuk mengejar mata pelajaran itu karena mereka tidak percaya dengan usaha mereka. Pengajar nya pun setuju dengan apa yang dipikirkan anak anak itu. Hal itu membuat para anak didik selalu merasa rendah diri ketika menghadapi mata pelajaran yang dianggap momok. Di bab 2 , Boeree memaparkan mengenai pendidikan ala trivial pursuit yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa, Sastra, Seni dan Musik, Matematika, Ilmu Pengetahuan, Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Manusia. Di Bab 3, Boeree menjelaskan mengenai pembelajaran, pengondisian klasik, pengondisian operan, dan bentuk bentuk pembelajaran lebih tinggi.
Di bab 4, boeree memaparkan mengenai pengajaran, pembelajaran, dan fenomenologi makna yang di dalamya terdapat bahasan mengenai metode, makna, perasaan dan pembelajaran, praktik dan perasaan, pembelajaran aktif, pengajaran penuh makna, pembelajaran menghafal tapa berpikir, tes dan umpan balik, dan perspektif anak didik. Di Bab 5, boeree mebahas mengenai pemikiran peserta didik. Di bab 6, Boeree mengulas mengenai tiga tingkatan pikiran, yaitu tingkatan sensoris – motoris (batang otak), tingkatan sosioemosional (sistem limbik), dan Tingkatan Simbolis (korteks otak).Memori (memori ikonik, memori echoik, memori bekerja, memori jangka) , struktur kognitif, otak, proses mengingat dan melupa. Untuk bab bab selanjutnya, boeree membahas mengenai pendemonium, kesadaran, perkembangan bahasa, asal usul bahasa, kecerdasan dan IQ, serta berbagai konsep mengenai kecerdasan.
Kelebihan Buku
Buku ini menjelaskan mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi pengajaran dan pembelajaran peserta didik dengan bahasan bahasan yang ringan sehingga tidak membingungkan pembaca. Selain itu boeree memaparkan segala hal sesuai dengan apa yang dia alami dalam kehidupan sehari hari sehingga pembaca dapat dengan mudah mengilustrasikan hal yang dijelaskan. Tak hanya itu, boeree juga menyelipkan beberapa pertanyaan yang dikhususkan untuk para pembaca, sehingga pembaca seakan akan diajak untuk berdiskusi dan berpikir kritis mengenai hal yang dibahas.
Kekurangan Buku
Beberapa topik yang dibahas hanya mencakup lingkup kecil, sehingga ada hal hal yang tidak terjelaskan. Minimnya gambar atau grafik yang dijadikan ilustrasi sari pembahasan yang ada, sehingga pembaca harus mencari nya dari sumber lain. Buku ini terfokus pada hal hal yang menyangkut psikologi peserta didik dan penjelasan mengenai hal hal pratek terlalu sedikit.
Tidak tersedia versi lain