TEXT
Teori dan Praktek Grafika Komputer : menggunakan Delphi dan OpenGL
Grafika Komputer merupakan salah satu cabang Ilmu Komputer yang membahas mengenai bagaimana menggambar bentuk menggunakan komputer. Grafika komputer tidak hanya digunakan di komputer dengan sumber daya tinggi seperti komputer meja (desktop computer) tetapi juga di komputer dengan sumber daya rendah seperti telepon genggam, kalkulator, mesin-mesin khusus (embedded system) dan sebagainya. Teori-teori di dalam grafika komputer harus dapat diterapkan dalam berbagai macam situasi dan keterbatasan. Dengan cakupan bahasan yang sangat luas dalam Grafika Komputer maka penulis memutuskan hanya membahas konsep-konsep dasar dalam Grafika Komputer. Pembahasan dilakukan secara bertahap mulai dari konsep sederhana seperti keluar titik menuju ke konsep yang lebih kompleks seperti dunia tiga dimensi. Pembahasan setiap topik dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian teori yang membahas mengenai rumus dan algoritma yang terkait dengan topik serta, bagian praktikum yang mengajak pembaca menggunakan Delphi untuk mewujudkan rumus dan algoritma menjadi sebuah program komputer. Mengingat buku ini ditujukan sebagai buku ajar mata kuliah Grafika Komputer maka contoh-contoh program tidak ditujukan untuk keperluan praktis tetapi sebagai sarana percobaan bagi pembaca. Diharapkan dengan melakukan berbagai percobaan maka pembaca akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang teori grafika komputer dan pada gilirannya dapat menerapkan teori tersebut sesuai dengan situasi yang dihadapinya. Buku ini juga dilengkapi dengan CD yang berisi kode sumber dari contoh-contoh program yang dibahas di buku ini. Khusus bagi pembaca yang berprofesi sebaga tenaga pengajar, penulis juga menyediakan dengan gratis CD yang berisi presentasi (Power Point) dari tiap bab di dalam buku ini. Pembaca dapat menghubungi penerbit untuk memperoleh CD presentasi tersebut.
Tidak tersedia versi lain