TEXT
Problematika berbahasa Indonesia dan pembelajarannya edisi 2
Buku Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya ini ditulis berlandaskan paradigma terbaru dalam bidang pembelajaran bahasa yang berupaya mewujudkan berbahasa dengan baik dan benar. Nilai-nilai humanisme dan konstruktivisme sangat mewarnai konsep penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mungkin kita pun pernah mendengar keluhan bahwa banyak pengguna bahasa (masyarakat) khususnya para pelajar/mahasiswa belum mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Ini terbukti bila mereka membuat tugas akhir berupa karya tulis/ilmiah (makalah, skripsi, tesis, ataupun disertasi) masih banyak dijumpai kesalahan dalam pembuatan kalimat tidak efektif, pilihan kata (diksi) kurang tepat/sesuai di dalam kalimat, penggunaan kata sambung (konjungsi) di awal kalimat, pembuatan/pengorganisasian paragraf yang masih berisi berbagai gagasan, problem tentang penulisan ejaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, buku-buku yang berisi petunjuk praktis mengenai pemakaian bahasa Indonesia masih tetap dibutuhkan. Salah satu di antara buku itu ialah Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya ini.Buku ini disusun atas dasar penelitian di bidang keterampilan berbahasa Indonesia yang pernah penulis lakukan kurang lebih delapan tahun terakhir. Pada umumnya buku-buku keterampilan berbahasa yang telah ada selama ini hanya memberikan dasar-dasar pemahaman tentang keterampilan berbahasa, tetapi belum memberikan contoh yang gamblang tentang cara berbahasa yang baik dan benar. Buku ini sangat bermanfaat bagi setiap orang yang ingin mendalami bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Catatan Bibliografi : halaman 175-177
Tidak tersedia versi lain