TEXT
How to Write a Great Business Plan (Harvard Business Review Classics)
Dalam Cara Menulis Rencana Bisnis yang Hebat, profesor Harvard Business School William A. Sahlman memberikan kerangka kerja yang menilai empat faktor saling bergantung yang penting bagi setiap wirausahawan dan usaha bisnis baru.
Dilihat dari semua kehebohan seputar rencana bisnis, Anda mungkin mengira satu-satunya hal yang menghalangi calon wirausahawan dan kesuksesan spektakuler adalah bagan lima warna yang mengilap, kumpulan spreadsheet yang tampak cermat, dan proyeksi keuangan bulan demi bulan selama beberapa dekade. Namun tidak ada yang jauh dari kebenaran. Faktanya, semakin rumit rencana bisnis yang dibuat, semakin besar kemungkinan usaha tersebut gagal.
Mengapa? Kebanyakan rencana membuang terlalu banyak tinta pada angka-angka dan memberikan terlalu sedikit informasi yang benar-benar penting bagi investor. Hasil? Investor mengabaikannya.
Dalam Cara Menulis Rencana Bisnis yang Hebat, William A. Sahlman menunjukkan cara menghindari kesalahan umum ini dengan memastikan bahwa rencana Anda menilai faktor-faktor penting untuk setiap usaha baru:
- Orang-orang—individu yang meluncurkan dan memimpin usaha serta pihak luar yang menyediakan layanan penting atau sumber daya penting
- Peluang—apa yang akan dijual oleh bisnis dan kepada siapa, serta apakah usaha tersebut dapat berkembang dan seberapa cepat
- Konteksnya—lingkungan peraturan, suku bunga, tren demografi, dan kekuatan lain yang menentukan nasib usaha tersebut
- Risiko dan imbalan—apa yang salah dan benar, dan bagaimana tim wirausaha akan meresponsnya
Tepat waktu di era inovasi ini, Cara Menulis Rencana Bisnis yang Hebat membantu Anda memberikan peluang sukses terbaik bagi usaha baru Anda.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Judging by all the hoopla surrounding business plans, you'd think the only things standing between would-be entrepreneurs and spectacular success are glossy five-color charts, bundles of meticulous-looking spreadsheets, and decades of month-by-month financial projections. Yet nothing could be further from the truth. In fact, often the more elaborately crafted a business plan, the more likely the venture is to flop.
Why? Most plans waste too much ink on numbers and devote too little to information that really matters to investors. The result? Investors discount them.
In How to Write a Great Business Plan, William A. Sahlman shows how to avoid this all-too-common mistake by ensuring that your plan assesses the factors critical to every new venture:
The people—the individuals launching and leading the venture and outside parties providing key services or important resources
The opportunity—what the business will sell and to whom, and whether the venture can grow and how fast
The context—the regulatory environment, interest rates, demographic trends, and other forces shaping the venture's fate
Risk and reward—what can go wrong and right, and how the entrepreneurial team will respond
Timely in this age of innovation, How to Write a Great Business Plan helps you give your new venture the best possible chances for success.
Tidak tersedia versi lain