TEXT
Pemasaran Destinasi Pariwisata
Buku ini menjelaskan bagaimana cara memasarkan destinasi pariwisata mulai dari pengertian dan karakteristik destinasi pariwisata sampai dengan cara mengelola strategi dan taktik pemasaran terkini atau pada era industri 4.0. saat ini. Strategi pemasaran yang dijelaskan yaitu segmenting, targeting, positioning dan branding. Sementara itu taktik yang didekati dalam buku ini yaitu menggunakan pendekatan nilai pelanggan (customer value) yang mengedepankan cara pandang dari sudut pelanggan (customer centric). Oleh sebab itu pendekatan bauran pemasarannya (marketing mix) tidak lagi menggunakan pendekatan yang product centric seperti 4 P’s, 7 P’s atau 8 P’s, tetapi menggunakan 4 C’s yaitu Customer Solution, Customer Cost, Convenience dan Communication. Selain itu buku ini dilengkapi dengan tata cara menyusun rencana pemasaran destinasi pariwisata (tourism destination marketing plan) yang juga dilengkapi dengan template sebagai acuan dalam mengimplementasikan rencana pemasaran yang lebih terintegrasi. Kelebihan buku ini dibanding dengan buku lain sejenis adalah sebagai berikut: • Buku ini berisi mengenai konsep-konsep dan teori pemasaran destinasi pariwisata yang terkini dengan pendekatan nilai (value-based marketing). • Buku ini disusun dengan pendekatan proses pemasaran destinasi pariwisata secara bertahap agar dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca, baik yang tidak memiliki latarbelakang pariwisata maupun yang telah memiliki latar belakang di bidang pariwisata. • Buku ini didukung dengan konsep-konsep yang dikembangkan sendiri oleh penulis yang diselaraskan dengan kondisi destinasi Pariwisata di Indonesia. Buku ini disusun secara komprehensif tetapi dikemas secara simpel sehingga dapat memudahkan pembaca baik dalam membawanya maupun dalam memahaminya. • Dan terakhir, buku ini didukung dengan model-model serta contoh-contoh yang dapat memberikan pemahaman terhadap pembaca secara holistik dan berkerangka.
Tidak tersedia versi lain