TEXT
(FISIP) Statistik Pendidikan
Statistik adalah kesimpulan fakta berebentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar tabel yang menggambarkan suatu persoalan. Statistik juga dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan fakta mengenai suatu hal, misalnya nilai rata-rata siswa, rata-rata hasil penjualan, persentase keuangan, ramalan hasil, dan sebagainya. Ciri khas atau karakteristik pokok statistik adalah statistik bekerja dengan angka, bersifat objektif, dan bersifat universal.
Istilah statistik pendidikan yang dipakai dalam buku ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan (cabang dari statistika). Di dalamnya banyak dibahas dan dikembangkan prinsip, metode, dan prosedur yang digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasikan sekumpulan data yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Wujudnya bisa berupa kegiatan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan dunia pendidikan, seperti kegiatan mengolah dan menganalisis data-data pendidikan, kemudian diinterpretasikan dan direpresentasikan dalam diagram/grafik yang menggambarkan kondisi suatu data statistik pendidikan.
Statistik dalam dunia pendidikan bermanfaat bagi para pendidik, mahasiswa, dan peneliti yang aktif dalam kegiatan pendidikan karena dapat menunjang kelancaran para “petugas” pendidikan tersebut.
Misalnya, dipakai dalam kegiatan evaluasi (penilaian) dan penelitian. Dalam kegiatan evaluasi, statistik menjadi alat bantu untuk menganalisis dan menyimpulkan data hasil evaluasi. Data statistik yang banyak dianalisis dalam dunia pendidikan, antara lain berupa data prestasi belajar siswa, data gambaran peserta didik, tenaga pengajar, lulusan, data tentang anggaran pendidikan, serta data tentang kepustakaan, administratif, dan perlengkapan sekolah. Untuk data tersebut, statistik dipakai sebagai pendeskripsi data kuantitatif yang terkumpul, melalui ukuran rata-rata, simpangan baku, dan sejenisnya, serta berperan untuk menguji keberlakuan suatu hipotesis melalui alur pengujian hipotesis.
Tidak tersedia versi lain