TEXT
(ILMU KOMUNIKASI - MANAJEMEN) Community Relations : Konsep Dan Aplikasinya
hubungan dialektis antara organisasi bisnis dan komunitas yang banyak dijalankan berbagai perusahaan. Satu di antaranya, perubahan praktik community relations yang dijalankan organisasi bisnis
belaka, seperti untuk mendapatkan laba dan meinimnalkan risiko gangguan dari komunitas, melainkan orgaisasi bisnis diajak untuk terlibat langsung
menangani permasalahan yang muncul pada komunitas.
Perubahan tersebut kemudian semakin menemukan bentuknya, tatkala konsep tanggung jawab sosial
korporat diimplementasikan. Organisasi bisnis tak lagi memandang dirinya sebagai institusi ekonoi belaka melainkan juga merupakan institusi sosial. Karena itu,
organisasi bisnis pun mulai bersentuhan dengan persoalan-persoalan yang secara langsung tak ada kaitannya dengan kegiatan bisnis seperti soal
lingkungan hidup, pengembangan masyarakat dan penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia.
konsep tanggung jawab sosial korporat sendiri melahirkan tantangan bagi para praktisi public relations di tanah air. melalui konsep ini,
citra atau reputasi organisasi harus diikhtiarkan agar tetap terjaga. namun di samping itu, melalui kegiatan community relations, organisasi bisnis
dituntut untuk memainkan peran mengatasi permasalahan sosial yang dialami satu komunitas.
Tidak tersedia versi lain