TEXT
Pokok-pokok manajemen biaya : ikhtisar teori, soal dan tanggung jawab
Akuntansi biaya (cost accounting) mengintifikasi, men- definisikan, mengukur, melaporkan, dan menganalisis berbagai unsur biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa. Akuntansi biaya mengukur kinerja, kualitas produk; dan produktivitas. Akuntansi biaya adalah mengenai satuan yang lebih dari sekedar menghitung produk untuk penilaian persediaan, sebagaimana umumnya kebutuhan pelaporan eksternal. Kenyataannya, fokus akuntansi biaya beralih dari penilaian persediaan untuk pelaporan keuangan ke kalkulasi biaya untuk pengambilan keputusan.
Tujuan utama akuntansi biaya adalah mengkomunikasikan baik informasi keuangan maupun nonkeuangan kepada manajemen untuk memudahkan kegiatan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi sumber daya. Akuntansi biaya menyediakan informasi yang memungkinkan manajemen mengambil keputusan ber- dasarkan informasi yang memadai. Dengan demikian, akuntansi biaya modern seringkali disebut akuntansi manajemen (manage- ment accounting) karena manajer menggunakan data akuntansi sebagai penuntun keputusan mereka.
Tidak tersedia versi lain