TEXT
Langkah Mudah Menyusun SOP & KPI : Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis UMKM
Dalam dunia bisnis, setiap usaha memerlukan pengelolaa yang baik dalam mengatur operasionalnya, khususnys UMKM. Pengelolaan yang baik membuat UMKM dapat memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Manfaat yang didaptakan tersebut dapat terwujud melalui penyusunan SOP (Standard Operating Procedure) sebagai tata kerja dan implementasi KPI (Key Performance Indicator) sebagai manajemen kinerja yang efisien.
Buku ini memberikan pengetahuan praktis bagi pelaku usaha mengenai pentingnya SOP dan penetapan KPI dalam penyusunan SOP untuk UMKM beserta visualisasi berupa contoh-contoh yang memudahkan pelaku usaha dalam mempelajari buku ini. Selain mengenalkan SOP dan KPI kepada seluruh pelaku usaha, buku ini juga membahas mengenai :
• Definisi SOP dan KPI,
• Fungsi SOP dan Manajemen Kinerja dalam UMKM,
• Jenis-jenis SOP,
• Tujuan dan Manfaat SOP,
• Penyusunan SOP,
• Tahapan Penyusunan SOP,
• Format SOP,
• Pemahaman dan Penyusunan KPI,
• Definisi KPI,
• Jenis-jenis KPI, dan lain-lain.
Tidak tersedia versi lain