TEXT
Kapita Selekta Ekomnomi Islam Kontemporer
Buku ini memuat enam tema pokok dengan dibagi menjadi enam bagian.bagian pertama,tentang demokrasi ekonomi di Indonesia.hal ini dimagsudkan agar mind set awal kiranya dapat dipahami bahwa system ekonomi islam yang dewasa ini sedang “membumi” di negeri yang mayoritas muslim juga merupakan bagian dari hasil demokratisasi di bidang ekonomi.plush,merupakan system ekonomi alternative atau membumikan syari’at islam dari sudut ekonomi.
Bagian kedua memuat tema islam dan pembngunan ekonimi.tema ini disajikan untuk memberi warna di bidang ekonomi bahwa islam merupakan ajaran yang komprehensif (kaffah). Bagian ketiga investasi dan pendayagunaan (intifa’) potensi umat.bagian keempat membahas lembaga mikro ekonomi umat yang terdiri atas dua tema utama,yaitu manajemen masjid dan pendayagunaan potensi jama’ah.bagian kelima membahas tema-tema besar masalah dan solusi ekonomi islam serta kelembagaannya.bagian ini mencakup empat bab utama,yaitu bab dua belas mengkaji tentang multi level marketing (MLM) versus syari’ah marketing (SM).kontroversi multi level marketing (MLM) menarik perhatian para ulama ahli hukum,karena hampir sebagian masyarakat tertarik akan bisnis model ini.selanjutnya,akuntansi dan pengembangan lembaga keuangan syari’ah dibahas pada bab ketigabelas.
Tidak tersedia versi lain