TEXT
Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder
Melakukan penelitian tidak garus turun ke lapangan dengan mengunjingi lokasi penelitian tertentu. Penelitian lapangan, hampir selalu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi ketika kita menggunakan metode penelitian kuantitatif. Kita harus mengadakan kuesioner serta biaya akomodasi yang tidak sedikit, terlebih lagi bila responden sangat banyak.
Buku ini memberikan sebuah alternatif bagi mahasiswa yang tertarik untuk mendalami metode penelitin kuantitatif dengan data sekunder. Banyak mahasiswa yang beranggapan bahwa metode penelitian kuantitatif sulit dilakukan. Mereka menganggap bahwa metode kuantitatif lebih sulit dilakukan karena harus menggunakan statistik, lebih mahal karena harus menggandakan kuesioner atau angket dan lebih lama karena respondennya yang sangat banyak.
Analisis isi (AI) dan analisis data sekunder (ADS) adalah sebuah solusi untuk menjawab “ketakutan” akan metode kuantitatif. Dengan menggunakan metode analisis isi dan analisis data sekunde, mahasiswa akan terbebas dari masalah waktu penelitian yang lama atau biaya penelitian yang relatif mahal. AI dan ADS, menggunakan objek yang “tidak hidup”, dengan memanfaatkan sumber data yang sudah ada dan kita tinggal mengolah data tersebut. Kita dapat memanfaatkan majalah, koran, acara tv, buku-buku, syair lagu, cerita film sebagai objek penelitian. Objek-objek tersebut relatifmudah diperoleh, tidak rumit, berbeda dengan objek yang selalu bergerak, berpindah tempat, dan cepat berubah. Untuk itu, metode AI dan ADS dapat menjadi alternatif bagi mahasiswa dalam melakukan penelitian.
Tidak tersedia versi lain