(Skripsi) Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung
ABSTRAKrnrnPENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA RADEN INTAN BANDAR LAMPUNGrnrnOlehrnHerma AmaliarnrnrnPromosi merupakan bagian dari salah satu aspek dari manajemen pemasaran. Karena promosi disini dapat dipandang sebagai arus informasi atau arah yang dibuat untuk mengarahkan individu atau kelompok kepada tindakan yang menciptakan kegiatan pertukaran atau pemasaran. Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung tahun dalam menetapkan biaya promosi, perusahaan sudah memiliki anggaran promosi yang disesuaikan anggaranya selama satu tahun tetapi nila trealisasi penjualan tidak sesuai dengan target penjualan meskipun biaya promosi cendereung meningkat setiap bulannya.rnPermasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah “Apakah biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap nilai penjualan pada Toko Buku Gramedia?”rnTujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap nilai penjualan pada Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung.rnBerdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka diajukan hipotesis yaitu biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap nilai penjualan pada Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung.rnJenis penelitian ini yaitu melakukan penelitian kepustakaan, dengan membaca literature-literature dan buku-buku lain, selanjutnya dengan cara penelitian lapangan seperti melakukan observasi, wawancara untuk mengetahui seberapa pengaruh biaya promosi terhadap nilai penjualan pada Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung, digunakan pendekatan statistik Regresi Linier Sederhara Dan Statistik Product And Service Solution (SPSS)rnPT Gramedia Asri Media adalah salah satu strategi Business Unit ( SBU ) dari kelompok Kompas Gramedia yang bergerak dibidang ritel dengan produk utama buku dan alat-alat tulis yang didirikan oleh petrus Kanisius Ojong pada tahun 1970. Toko pertama yang dibangun di jalan Gajah Mada109, Jakarta Barat. Dalam perjalananya, Toko Buku Gramedia terus berkembang hingga mencapai jumlah 54 gerai ( data per februari 2004 ), tersebar diseluruh wilayah Indonesia, tepatnya di 28 kota besar yang terdapat di 15 Propinsi.rnStruktur organisasi yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung adalah struktur organisasi garis ( line organization ). Dalam struktur organisasi tugas perancanaan, pengendalian, dan pengawasan berada dalam satu tangan dan garis kewewenangan langsung dari atasan ke bawahan. Setiap struktur organisasi mempunyai sistem yang jelas sehingga tugas, wewenangan dan tanggung jawab diketahui oleh masing-masing bagian dan merupakan pedoman untuk melaksanakan aktifitas dalam organisasi.rnBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan, maka hal yang dapat disimpulkan bahwa biaya promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Nilai penjualan Toko Buku Gramedia Radin Intan Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dengan uji t atau uji parsial variabel biaya promosi sebesar t hitung 3,085>2,262 t tabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan Biaya Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Penjualan pada Toko Buku Gramedia Raden Intan Bandar Lampung. rn
Tidak tersedia versi lain