TEXT
(Tesis) Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadapo Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Melinting Kabupaten Lampung Timur(Studi Pada Mata Pelajaran Sosiologi)
ABSTRAK
Hermanto,S.E., NIM : 12.11.47.046.pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X.XI,XII jurusan IPS SMA Negeri 1 melinting.kabupaten lampung timur tahun 2016.dibawah bimbingan bapak.dr.supriyanto,M.Si dan bapak dr.Budhi waskito,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
Pendidikan diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai dan norma yang diharapkan masyarakat sehingga pendidikan perlu dilaksanakan.akan tetapi banyak siswa siswi yang bersekolah tidak paham dengan arti pendidikan yang ia jalankannya,sehingga apa yang dihasilkan tidak sesuai dengan kenyataannya yang ada terlihat dari berbagai situasi dan kondisi hasil belajar yang tidak tercapai sesuai KKM yang ditentukan,sebaliknya disiplin belajar yang ada disekolah tidak terlalu mengikat sehingga banyak siswa tidak tepat waktu dalam melaksanakan disiplin dan peraturan yang ada disekolah serta lingkungan belajarnya yang seharusnya mendukung dalam melaksanakannya program pendidikan tetapi tidak terlaksana dengan baik terutama lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap pendidikan dan prestasi belajar siswa.
(1)Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS Negeri 1 melinting kabupaten lampung timur,(2) pengaruh lingkungan belajar terhadap presasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA Negeri 1 melinting kabupaten lampung timur (3) pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan dapat menarik prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA negeri 1 melinting kabupaten lampung timur
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi pengaruh.populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA negeri 1 melinting kabupaten lampung timur yang berjumlah 241 orang.sampel diambil sebanyak 30% atau sebanyak 71 orang dengan teknik random sampling berstrata dengan cara undian.data diperoleh dengan angket dan dokumentasi,teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan:
“ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajr siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA Negeri 1 melinting kabupaten lampung timur “hal ini ditujukan dari hasil perhitungan yang dilakukan ,diperoleh t hitung > t tabel yaitu 12,64 > 2000,” ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA Negeri 1 melinting kabupaten lampung timur,hal ini ditujukan dari hasil perhitungan yang dilakukan,diperoleh t hitung > t tabel yaitu 11,56 > 2000,”ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X,XI,XII jurusan IPS SMA Negeri 1 melinting kabupaten lampung timur “hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh r hitung > r tabel yaitu 0,733 >0,195 dan untuk menguji keberartian dilakukan uji f dengan db =2 dan dk =71 dan diperoleh f hitung > f tabel yaitu 111.171,>1,74 dengan persamaan garis regresi Y =73,14 +0,55 X1+0,35 X2.
Kata kunci :disiplin belajar,lingkungan belajar dan prestasi belajar siswa
Tidak tersedia versi lain