TEXT
(Tesis) Pengaruh Kompetensi, Responsif Kerja dan Courtesy Kerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Reservasi Pada ASTON Lampung City Hotel
PENGARUH KOMPETENSI KERJA, RESPONSIF KERJA, DAN COURTESY KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESERVASI PADA ASTON LAMPUNG CITY HOTEL
Oleh: Refyna Anindya Wirawan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, responsive dan courtesy terhadap kualitas pelayanan reservasi pada Aston Lampung City Hotel. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 150 orang responden yang merupakan populasi guest pada Aston Lampung City Hotel. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada para guest Aston Lampung City Hotel. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kompetensi (X1), Responsif (X2) dan Courtesy (X3) terhadap variabel terikat (Y) yaitu kualitas pelayanan adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan N = 150 diperoleh t tabel data adalah 2,023 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan kompetensi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Kemudian pengujian terhadap responsif, menunjukkan t hitung sebesar 6,543. Demikian juga pengujian terhadap courtesy, menunjukkan t hitung sebesar 2,030 (t hitung > t tabel) maka disimpulkan responsif dan courtesy berpengaruh terhadap kualitas pelayananan pada Aston Lampung City Hotel. Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (* = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,67. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 71,738, karena F hitung> dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (kompetensi, responsive dan courtesy) terhadap variabel terikat (kualitas pelayanan)pada Aston Lampung City Hotel.
Kata Kunci: Kompetensi, Responsif, Courtesy, Kualitas Pelayanan
Tidak tersedia versi lain