TEXT
(Tesis) Implentasi Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian Terhadap Pelayanan Publik (Studi perkara Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung)
IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 31 TAHUN 2013 TENTANG PERATURAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG KEIMIGRASIAN TERHADAP PELAYANAN PUBLIK
(Studi Perkara Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung)
ABSTRAK
Oleh
DIRA OKTRIA ALMEGA
14.12.26.019
Peningkatan kualitas pelayanan publik yang di selenggarakan instansi pemerintahan menjadi tuntutan masyarakat. Pelayanan dokumen keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung dalam melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terhadap Pelayanan Publik belum maksimal.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini meliputi: a. Bagaimanakah mekanisme pemberian pelayanan penerbitan dokumen keimigrasian menurut Peraturan Perundang-Undangan Nomor 31 Tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian terhadap Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung, b. Apakah faktor penghambat dalam pemberian pelayanan penerbitan dokumen Keimigrasian terhadap Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif dan empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini data sekunder yang diperoleh dari bahan pustaka, dan penelitian lapangan dilakukan dengan observasi dan wawancara (interview).
Hasil penelitian ini adalah: mekanisme pemberian pelayanan penerbitan dokumen Keimigrasian terhadap Pelayanan Publik di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung belum maksimal dalam hal 1) tangible (ketersediaan sarana dan prasarana belum terpenuhi), 2) reliability (kendala dari server system online dan biaya ekstra tidak sesuai dengan tarif), 3) responsiviness (ketepatan pelayanan penerbitan dokumen keimigrasian perlu peningkatan), 4) assurance (pegawai baik), 5) empathy (kendala dalam mengerti dan memahami keinginan masyarakat). Faktor penghambat dalam pemberian pelayanan penerbitan dokumen keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung yakni masalah sumber daya manusia petugas imigrasi yang masih kurang, terbatasnya anggaran dana, kurangnya sarana dan prasarana, kultur masyarakat yang cenderung tertutup dan kurangnya pengetahuan prosedur dan tata cara mendapatkan dokumen keimigrasian.
Saran dalam penelitian ini agar Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandar Lampung diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal perbaikan sarana dan prasarana, untuk menunjang proses penerbitan dokumen keimigrasian tepat waktu.
Kata Kunci: Implementasi, Keimigrasian, Pelayanan Publik
Tidak tersedia versi lain