TEXT
Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen's Charter dan Standar Pelayanan Minimal
Seiring dengan besarnya tuntutan akan penrapan good governance, tuntutan akan pelayanan public yang berkualitas juga menjadi semakin besar. Pemerintah merespon tuntutan ini dengan menetapkan tahun 2004 sebagai tahun peningkatan pelayananpublik. Pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam rangka peningkatan peleyanan, seperit m9salnya pelayanan prima, dan standar pelayanan minimal. Akan tetapi perbaikan kualitas masih belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Buku ini bermaksud untuk mengkaji hal tersebut dan mengembangkan suatu model manajemen pelayanan yang responsive dan akuntabel.
Dalam kaitannya dengan teori ‘exit’ dan ‘voice’, manajemen pelayanan yang baik hanya akan dapat diwujudkan apabila penguatan posisi tawar pengguna jasa pelayanan mendapatkan prioritas utama. Dengan demikian pengguna jasa diletakkan dipusat dan mendapatkan dukungan dari: (a) system pelayanan yang mengutama kepentingan masyarakat, kuhusnya pengguna jasa, (b) kultur pelayanan dalam organisasi penyelenggara pelayanan, dan (c) sumber daya manusia yang berorientasi pada kepentingan pengguna jasa.
Tidak tersedia versi lain