TEXT
Melaksanakan PTK itu Mudah Pedoman Praktis bagi Guru Profesional (Classroom Action Research)
Kata siapa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sangat sulit? Buktinya, beberapa guru yang mengikuti arahan penulis melalui program pendampingan dapat melaksanakan PTK dengan lancar. Hanya delapan kali berkonsultasi secara periodik dengan penulis, mereka dapat merancang, melaksanakan, dan melaporkan PTK dengan baik. Kalau pun Anda ngotot menganggap bahwa melaksanakan PTK itu sulit bahkan Anda menganggapnya "momok" - ada sedikit benarnya karena pemahaman dan pengetahuan Anda tentang PTK hanya terbataS pada tataran teoretis, belum menyentuh tataran praktis. Seminar dan lokakarya yang bervariabel ''PTK" yang selama ini Anda ikuti pun pada dasarnya hanya mempermantap tanggapan Anda, karena yang dibicarakan dalam forum ''bergengsi" itu selalu berkutat pada kajian teori dan belum menyentuh kebutuhan praktis Anda.
Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian praktis yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi pengajar dalam berbagai bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK juga dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang sudah direncanakan dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Selain memiliki manfaat untuk praktisi pengajar, PTK juga berfungsi untuk memperbaiki perilaku siswa yang sudah diamati dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh praktisi pengajar tersebut.
Tidak tersedia versi lain