TEXT
Etika Bisnis dan Implementasinya
Akar dari krisis multidimensional berkepanjangan di negara kita adalah penyimpangan dan pelecehan terhadap hukum dan etika. Pemahaman serta kesadaran untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan prinsip-prinsip etika, khususnya etika bisnis, amat rapuh. Karena itu, selain merenungkan tindakan-tindakan yang telah kita lakukan dan mencari alternatif pemecahan krisis, kita juga perlu berupaya berfokus pada masalah etika ini. Salah satu upaya itu adalah revitalisasi nilai-nilai etis untuk melengkapi norma-norma hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan kita.
Melalui buku ini anda pertama-tama akan mengkaji etika umum yang mencakup pengertian, peran, dan manfaat etika, fenomenologi kesadaran moral, serta teori etika normatif. Berdasarkan pemahaman etika umum ini, anda akan memasuki aplikasi etika umum dalam dunia bisnis, yang disebut etika bisnis. Yang dipaparkan pada bagian ini bukan hanya tingkatan dan prinsip etika bisnis serta masalah-masalah dalam pelaksanaannya, tetapi juga paradigma pihak berkepentingan, tanggung jawab moral bisnis, dần etika bisnis pada milenium ketiga. Selanjutnya, implementasi etika bisnis dalam wujud ketentuan perundang-undangan mengenai perlindunga konsumen, larangan praktik monopoli serta persaingan usaha yang sehat, dan pencucian uang diuraikan secara jelas. Pembahasan implemen etika bisnis sengaja dibatasi pada ketiga masalah besar ini karena dangpakny yang demikian luas dalam kehidupan bermasyarakat.
Tidak tersedia versi lain