TEXT
Sihir Iklan : Format Komunikasi Mondial dalam Kehidupan Urban-Kosmopolit
Siapa sangka belakangan ini dukun telah menjadi "agen" kapitalis. Bahkan, goyangan ngebor model Inul pun sontak menjadi santapan lezat komoditas ala kapitalis. Kapitalisme, yang kini boleh diistilahkan sebagai "kapitalisme duri lunak", memang masih tetap mendominasi kehidupan mondial dewasa ini. Dampaknya, muncullah warna-warni kehidupan yang kerap menyesakkan dada. Salah satu hal yang membuat sesak itu adalah kedahsyatan sihir iklan, yang kedatangannya sering kali mendadak dan sukar ditolak. Ditambah adanya efek jurnalisme, sihir itu pun lantas "memojokkan" kita hanya pada dua pilihan: lebur di dalamnya atau menikmatinya secara profesional. Ditulis dalam semangat analisis wacana, buku ini bermaksud mengusik kesadaran kritis siapa pun kita bahwa daya sihir iklan muncul dalam pelbagai panorama, yang kemudian mengkristal dalam proses komunikasi mondial, terutama dalam kehidupan urban-kosmopolit. Atau, dalam kacamata lain, eksistensi iklan tidak semata-mata hanya sebagai representasi produk, tapi juga merupakan pantulan vision du monde (visi duniawi) masyarakat urban-kosmopolit dalam merenangi gelombang kehidupan mondial. Dengan begitu, dalam pandangan holistik, buku ini berkesan multiparadigma: ia boleh disebut sosiologi periklanan, budaya periklanan, politi periklanan, jurnalisme periklanan, atau bahkan filsafat periklanan. Karena itu, buku ini bermanfaat bagi pendidik, praktisi bisnis, kalangan periklanan, pakar pemasaran, praktisi public relations, politisi, mahasiswa, atau siapa pun yang peduli terhadap "indahnya" hidup ini. Penulis buku ini, selain sudah lama berkubang di dunia jurnalistik, dunia budaya, dan dunia pendidikan, juga aktif sebagai direktur Depok Consulting Media - institusi pelatihan dan konsultasi di bidang komunikasi adab, budaya organisasi, dan media informasi.
Tidak tersedia versi lain