Buku ini membahas proses penganggaran perusahaan secara tintas, mulai dari manfaat dan tujuan penganggaran, faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan anggaran, langkah-langkah penyusunan anggaran, sampai dengan contoh-contoh penyusunan anggaran di perusahaan industri, dagang dan jasa perbankan.
globalisasi memaksa kita bekerja profesional dalam arti menerapkan semua metode yang benar dan tepat sesuai dengan norma-norma yang berlaku. menurut peter drucker, bisnis pub tak lagi bisa menggunakan cara-cara biasa selama ini. salah satu metode yang benar dan tepat adalah menggerakkan fungsi perencanaan pada setiap kegiatan yang akan dilakukan. budgeting atau penggangaran dalam perusahaan …
Aktivitas planning menghasilkan rencana (plan) yang terdiri dari elemen-elemen tujuan (goal), strategi (strategy), program (program), prosedur (procedure) dan anggaran (budget). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penganggaran merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan manajemen, khususnya dalam perencanaan. Proses penyusunan anggaran merupakan tahap akhir dari proses perencanaan me…
Buku ini didisain untuk memperkenalkan tentang dasar-dasar penganggaran. Penyusunan anggaran adalah suatu tugas yang bersifat teknis. Anggaran memiliki dampak langsung terhadap perilaku manusia. Anggaran menjelaskan kepada orang-orang mengenai apa yang diharapkan dari mereka dan kapan hal tersebut harus sudah dilakukan. Anggaran menetapkan batasan terhadap pada apa yang dapat dibeli dan berapa …
Buku ini membahas tentang cara menyusun anggaran perusahaan secara praktis . tujuan penyusunan anggaran bagi perusahan adalah memprediksi tingkat aktivitas operasi dan keuangan perusahaan di masa mendatang. anggaran membantu manajemen dalam melakukankoordinasi dan penerapannya dalam upaya memperoleh tujuan yang tertuang di dalam anggaran anggaran juga juga memberikan gambaran kepada manajemen t…
Aktivitas planning menghasilkan rencana (plan) yang terdiri dari elemen-elemen tujuan (goal), strategi (strategy), program (program), prosedur (procedure) dan anggaran (budget). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penganggaran merupakan salah satu aspek penting dalam kegiatan manajemen, khususnya dalam perencanaan. Proses penyusunan anggaran merupakan tahap akhir dari proses perencanaan men…
Buku ini terdiri dari 15 bab, yang masing-masing materi bab diuraikan sebagai berikut: Bab 1. Pendahuluan Bab 2. Anggaran penjualan Bab 3. Anggaran produksi Bab 4. Anggaran bahan baku Bab 5. Anggaran tenaga kerja Bab 6. Anggaran biaya overhead Bab 7. Anggaran harga pokok produksi dan harga pokok penjualan Bab 8. Anggaran biaya pemasaran dan administrasi Bab 9. Anggaran piutang Bab 10…
Buku ini berisi : Bab I. Pendahuluan Bab II. Anggaran sebagai suatu sub sistem dalam perusahaan Bab III. Anggaran komprehensif Bab IV. Peramalan penjualan produk perusahaan Bab V. Peramalan penjualan untuk produk permintaan turunan Bab VI. Anggaran penjualan Bab VII. Anggaran produksi Bab VIII. Anggaran bahan baku Bab IX. Anggaran tenaga kerja langsung Bab X. Anggaran biaya overhead p…
Buku ini berisi : Bab XIII. Anggaran variabel Bab XIV. Analisis pulang pokok sebagai alat bantu perencanaan Bab XV. Anggaran kas Bab XVI. Anggaran penambahan aktiva tetap
Buku ini kami susun untuk mengarahkan mahasiswa akuntansi, manajemen, dosen akuntansi, dan umum agar menguasai penerapan penganggaran di perusahaan. Buku ini memberikan panduan dalam menyusun anggaran perusahaan dalam suasana sebenarnya secara sistematis dan terarah sesuai dengan urut-urutannya. Penguasaan penyusunan anggaran diharapkan menjadi modal mahasiswa ketika bekerja di perusahaan dapa…