Makna dan pesan dari buku ini, agar pembaca memiliki sandaran ilmiah dan dapat memahami komunikasi politik dan dinamika perpolitikan di beberapa negara utamanya negara Indonesia. Buku ini menjadi bahan pengetahuan secara teoritis dan empiris utamanya bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan yang mendasar dari komunikasi politik, juga bermanfaat bagi beragam kalangan lainnya seperti: politis,…
Hukum media massa cakupannya sangat luas, sehingga boleh dikata belum ada satupun buku yang membahas semua aspeknya. Buku-buku hukum media massa yang ada sekarang umumnya hanya membahasa aspek tertentu, seperti ponografi, fitnah atau pencemaran nama baik, dan sebagainya dalam kitab undang-undang hukum pidana (kuhp). Ada pula buku yang hanya membahas undang-undang penyiaran, ada juga buku yang…
Buku ini sebagai pengantar dari buku seri tentang Hukum Media. Sebagai buku Pengantar Hukum Media edisi revisi tentu saja banyak perbaikan sebagai upaya menyempumakan. Memperkaya pembaca dari berbagai kalangan, buku ini, membahas tentanginti dari Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia sebagai penguatan pengetahuan berkaitan dengan pengenalan dan pemahaman tentang hukum. Selain itu, …
Peran Public Relations (PR) sebagai ujung tombak perusahaan sangat ditentukan oleh kepiawaian PR dalam membangun serta mengelola hubungan dengan media. Media sebagai alat kerja PR tentu sangat membantu pencapaian tujuan PR. Bahkan salah satu strategi kerja PR kontemporer adalah dengan memanfaatkan keberadaan media Cyber Public Relations atau e-PR, yakni pendekatan cara kerja PR dengan menggunak…
Menjadi tantangan bagi seorang media relations officer untuk mampu memenuhi kebutuhan media dari berbagai aspek dan unsurnya, baik secara teori maupun praktik. Buku ini hadir dalam perpaduan materi antara teori dan praktik media relations, baik yang dilakukan oleh lembaga negara, perusahaan swasta, maupun perusahaan negara (BUMN). Buku ini menjelaskan beberapa teori dan praktik humas disertai m…
Keberhasilan kegiatan Media Relations adalah bagaimana memahami profesi wartawan, cara kerja media, kepentingan media dan masyarakat serta kemampuan praktisi Public Relations dalam menulis, menyajikan isu dengan nilai berita yang tinggi. Selain itu, praktisi Public Relations juga dituntut mampu menjadi nara sumber media yang kredibel dan merancang agenda isu yang akan diungkapkan dalam periode…
Membangun hubungan yang baik dengan media massa menjadi satu urgensi bagi seorang Publi Relations. Dikatakan sebagai satu urgensi, karena keberhasilan seorang Public Relations juga sangat ditentukan oleh media massa. Di sisi yang lain, seorang Public Relations juga mempunyai peranan yang sangat besar bagi institusi media massa dan pekerja media massa. Artinya, profesi Public Relations dan peker…
Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Tentu akan sangat sulit bagai suatu organisasi bila harus berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya tanpa menggunakan media massa. Karena itu, media relations menjadi bidang penting dalam dunia PR. Ada dua sisi yang hendak …
Media Komunikasi, Media Massa
Betapa banyak orang yang mengeluhkan kehidupan di tengah dunia sesak media (media saturated world) seperti sekarang ini. Orang tua khawatir dengan perilaku anaknya yang banyak menghabiskan waktu menonton tv. Para pemuka agama menghawatirkan gaya hidup hedonistik dan serba gampang yang melanda generasi penerus bangsa ini. Para guru merasa apa yang diberikan di lembaga pendidikan tidak membekas k…