Tanpa kata-kata tepat yang digunakan dengan cara benar, tindakan benar tersebut tidak akan mungkin terjadi. Komunikasi menjadi hal yang penting, tidak terkecuali bagi perusahaan. Tidak sedikit bisnis yang gagal karena komunikasi dalam perusahaan berjalan buruk; misalnya pemilihan strategi komunikasi yang tidak tepat, kekeliruan dalam menyampaikan pernyataan publik saat terjadi krisis, lemahnya …
Pengertian komunikasi secara etimologis berasal dari bahasa Latin, yaitu communication. Istilah tersebut bersumber dari perkataan "communis" yang berarti sama; artinya sama makna atau sama arti. Komunikasi merupakan sebuah proses dimana seseorang atau kelompok bertindak sebagai the sender yang mengirimkan beberapa jenis informasi (the message) kepada seseorang atau kelompok lainnya (the receive…
Buku ini dapat menjadi buku pegangan bagi dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dan bermanfaat juga bagi para praktisi untuk diaplikasikan secara langsung dalam dunia bisnis. Karena di setiap akhir bab buku ini disertai dengan evaluasi berupa pertanyaan, dan materi latihan keterampilan yang disajikan di akhir setiap bagian. Pokok bahasan buku ini: Dasar-dasar komunikasi bisnis; Pros…
Buku Materi Pokok (BMP) SKOM4432 Komunikasi Bisnis mempelajari tentang berbagai konsep, teori dan implementasi segala bentuk komunikasi bisnis dalam perusahaan, yang meliputi: konsep dasar dan teori komunikasi, fungsi media dan teknologi, teknik lobi dan negosiasi dalam komunikasi bisnis, proses komunikasi bisnis, jenis-jenis komunikasi bisnis, pembicaraan bisnis, dan penulisan bisnis. Tujua…
Dunia bisnis di masa depan dihadapkan pada persaingan yang ketat, perusahaan yang memiliki pengelolaan yang matang akan lebih unggul dan dapat bertahan lama. Pada hal ini komunikasi bisnis merupakan salah satu elemen penting yang dapat dipergunakan perusahaan guna mencapai tujuannya, dalam memenuhi target market serta mampu menciptakan dan mempengaruhi pikiran calon konsumen untuk membeli produ…
Dalam upaya pembangunan suatu organisasi yang berkesinambungan, sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat vital dalam proses pencapaian tujuan. Untuk kepentingan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya secara terus-menerus dan berkelanjutan (continuous quality improvement). Manajemen saran…
Buku ini ditulis sebagai bagian dari pengayaan literatur-literatur mengenai metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif yang sudah banyak ditulis. Penulisannya berdasarkan literatur yang luas akan memaparkan bab-bab yang lengkap dimana bab-bab tersebut sangat dibutuhkan untuk penelitian bidang bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Isi buku yang lengkap namun praktis ini…
Buku ini ditulis sebagai bagian dari pengayaan literature-literatur mengenai metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif yang sudah banyak ditulis. Penulisannya berdasarkan literatur yang luas akan memaparkan bab-bab yang lengkap dimana bab-bab tersebut sangat dibutuhkan untuk penelitian bidang bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Isi buku yang lengkap namun praktis in…
Persaingan bisnis yang makin keras terutama di tingkat global, tidak hanya menjadikan para pelaku usaha untuk selalu waspada dan kreatif, tetatpi juga membawa dampak yang tidak menguntungkan bagi lingkungan hidup dan kemaslahatan manusia. Keinginan untuk memenangkan persaingan ini berimplikasi pada banyaknya tindakan pelaku usaha yang cenderung mengabaikan prinsip-prinsip bisnis yang baik dan e…