Buku ini merupakan suatu analisa pengantar mengenai teori mikroekonomi yang sangat komprehensif. Uraian-uraiannya menerangkan tentang teori-teori dasar yang diliputi oleh analisa mikroekonomi. Bukuini secara selangkah demi selangkah mencoba menerangkan (i) apa yang harus diproduksikan dalam masyarakat, (ii) bagaimana barang-barang tersebut diproduksikan, dan (iii) untuk siapa pendapatan nasiona…
Buku Ajar ini terdiri dari 5 BAB : BAB 1 : PEGANTAREKONOMI MIKRO BAB 2 : PERILAKU KONSUMEN DAN PRODUSEN DAN HARGA KESEIMBANGAN BAB 3 : TEORI PRODUSEN BAB 4 : PERILAKU KESEIMBANGAN PASAR BAB 5 : BIAYA PRODUKSI
Buku Pengembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis merupakan salah satu wujud kontribusi UGM dalam mewujudkan visi kerakyatan yang tertuang dalam pengembangan sektor UMKM. Sektor UMKM merupakan pilar perekonomian nasional yang memiliki peran strategis dalam menopang perekonomian rakyat, antara lain dalam hal pemerataan pendapatan, penyerapan tenaga kerja, serta wadah sosial ekonom…
eori Ekonomi Mikro sebagai ilmu dasar bagi mahasiswa yang mempelajari ilmu ekonomi, maka buku ini disajikan untuk memenuhi tujuan tersebut. Dilatarbelakangi oleh adanya keyakinan bahwa satu ilmu sangat terkait dengan ilmu lainnya, maka pada kesempatan penyajian buku ini dicoba diuraikan beberapa uraian dari materi kuliah yang berbeda dalam satu kemasan Teori Ekonomi Mikro. Misalnya teori pendek…
Buku ini bertujuan memberikan pengenalan tentang konsep-konsep dasar ilmu ekonomi, berisi ilmu mikroekonomi dan makroekonomi (4 SKS). Pada bagian mikroekonomi (Bagian Pertama) membahas antara lain tentang mekanisme pasar, perilaku konsumen, teori produksi dan biaya, struktru pasar (berbagai bentuk pasar). Sedangkan pada bagian Kedua, yaitu makroekonomi, menjelaskan pengertian tentang perekonomi…
ekonomika mikro, suatu konsep dalam ilmu ekonomi yang membahas tentang bagian bagian kecil dari keseluruhan kegiatana ekonomiyang di temukan atau di hadapipelaku ekonomi da lebih bersifat individual . buku ini mengajak para pembaca untuk mempunyai pemahaman tentang bagaimana pelaku pelaku pasar seperti pembeli atau konsumen dan penjuan atau produsen berinteraksi hingga terbentuk harga di pa…