Buku ini merupakan hasil kajian dari berbagai macam literatur, jurnal ilmiah, dan pengamatan pada perkembangan dua disiplin ilmu yaitu ilmu politik dan ilmu ekonomi pemasaran (marketing) sehingga terjadi “perkawinan silang ilmu” yang menghasilkan cabang ilmu pengetahuan baru yang sering dikatakan sebagai marketing politik. Buku ini membahas beberapa bab. BAB I PENGANTAR KOMUNIKASI POLITI…
Makna dan pesan dari buku ini, agar pembaca memiliki sandaran ilmiah dan dapat memahami komunikasi politik dan dinamika perpolitikan di beberapa negara utamanya negara Indonesia. Buku ini menjadi bahan pengetahuan secara teoritis dan empiris utamanya bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan yang mendasar dari komunikasi politik, juga bermanfaat bagi beragam kalangan lainnya seperti: politis,…
Jika komunikasi politik awalnya didominasi media mainstream seperti surat kabar, radio, dan televisi yang dikenal selama ini, kini sudah merambah pada penggunaan media social yang makin trend. Bahkan lebih jauh kebebasan pada gilirannya melahirkan radikalisme yang diwujudkan dalam bentuk terorisme yang berbasis ideologi politik dengan segala jaringan komunikasinya (cyber terrorism). Buku Kom…
Perkembangan ilmu politik mengalami kemajuan yang pesat sesudah Perang Dunia Kedua. Terdapat dua pandangan yang berkaitan dengan munculnya ilmu politik sebagai disiplin ilmu. Pertama, pandangan yang melihat bahwa ilmu politik merupakan salah satu bagian dari pengetahuan sosial lainnya. Kedua, pandangan yang menganggap bahwa ilmu politik lahir pada akhir abad 19-an. Dalam perkembangannya, dipeng…