Manajemen mutu terpadu adalah sistem nilai yang mendasar dan komprehensif untuk meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dalam jangka panjang dengan memberikan perhatian dan kepuasan kepada pelanggan, serta memenuhi kebutuhan stakeholders yang bersangkutan. Manajemen mutu terpadu membangun konsep kualitas, teamwork, produktivitas, dan pengertian serta kepuasan pelanggan. Manajemen mutu terpadu…
Pelanggan (pembeli) harus dipuaskan. Kalau mereka tidak dipuaskan maka akan meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pihak pesaing. Makin banyak pelanggan yang meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pihak pesaing, penjualan perusahaan akan menurun yang pada gilirannya laba perusahaan juga akan menurun, karena laba berasal dari hasil penjualan. Itulah sebabnya diperlukan pengukuran t…
Buku Pengantar Manajemen ini ditujukan untuk mahasiswa dalam mempelajari manajemen dan masyarakat luas yang membutuhkan bahan bacaan mengenai manajemen. Secara garis besar, manajemen adalah seni menggunakan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dalam perjalanan mencapai sasaran tersebut, seringkali terjadi kemubaziran dan bahkan timbul gejala dehumanisasi. Be…
Pengetahuan tentang manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit dan organisasi pelayanan kesehatan lainnya diperlukan oleh semua orang yang terlibat dalam organisasi pelayanan kesehatan, pelanggan internal maupun eksternal organisasi pelayanan kesehatan. Buku ini akan memberikan pengetahuan yang sangat mudah untuk dipahami tentang manajemen pelayanan kesehatan di rumah sakit dan organisasi pe…